Dinkes Siap Buka Gerai KIA di 5 Wilayah Kecamatan

TANGERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan sejumlah pihak bersiap melaksanakan peluncuran Gerai Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di 5 wilayah kecamatan di Kabupaten Tangerang.

Beberapa pihak yang menjalin kerjasama dengan dinkes yaitu USAID Jalin, Forum Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (Fopkia) Kabupaten Tangerang, dan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart).

Untuk itu, dinkes menggelar Workshop Finalisasi Instrumen Monitoring, Evaluasi dan Orientasi Tim Pelaksana Gerai KIA yang dilaksanakan di Hotel Grand Zuri, BSD City, 23-25 Januari 2019.

Kegiatan workshop diikuti 78 bidan desa, bidan koordinator, dan penanggungjawab KIA di masing-masing puskesmas di 5 wilayah kecamatan untuk persiapan pembukaan Gerai KIA.

“Ada 5 kecamatan sebagai percontohan Gerai KIA yaitu Kecamatan Jayanti, Kecamatan Mekar Baru, Kecamatan Mauk, Kecamatan Sukamulya, dan Kecamatan Tigaraksa,” ujar dr Ni Wayan Manik Kusmayoni MKK, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kabupaten Tangerang.

Dijelaskan Gerai KIA merupakan sebuah tempat konsultasi bagi warga terkait masalah kesehatan ibu dan anak. Di gerai itu, nantinya akan ada bidan desa sebagai konsultan, kemudian para kader peduli ibu dan anak tergabung dalam MKIA mengajak warga ke gerai, sementara USAID Jalin dan Alfamart sebagai fasilitator.

Kelima gerai tersebut nantinya akan ditempatkan di 5 titik Alfamart di 5 kecamatan tersebut.

Diinformasikan Gerai KIA direncanakan akan di-launching pada 2 Maret 2019 mendatang. “Ini mungkin merupakan yang pertama kali di Banten, bahkan mungkin di Indonesia,”pungkas dr Manik.