Bupati Tandatangani Komitmen Tangerang Gemilang Cegah Stunting

CURUG – Memperingati Hari Gizi Nasional, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melalui Seksi Gizi pada Bidang Kesehatan Masyarakat mengadakan Seminar Hari Gizi Nasional 2019 dengan tema “Tangerang Gemilang Cegah Stunting” (TEGAS).

Pada acara inipun dilaksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama TEGAS yang dilaksanakan di ruang pertemuan Hotel Yasmin, Curug, Kabupaten Tangerang, Kamis (29/1/2019).

Bupati Tangerang H Ahmed Zaki Iskandar membuka acara ini. Hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr Hj Desiriana Dinardianti MARS.

Sememtara para pesertanya adalah seluruh OPD, camat, kepala puskesmas, TP PKK, Bhayangkari, MUI Kabupaten Tangerang, dan pengurus organisasi profesi. Ditampilkan dua narasumber, yaitu Dr dr Tb Rachmad Santika Sp.A MARS, dr Spesialis Anak dari Kemenko dan Faidah MSi,  Kasubdit Kesehatan Kemendagri.

Bupati H Ahmed Zaki Iskandar berharap para organisasi perempuan, organisasi kesehatan, dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Tangerang dapat bekerja-sama dalam menggerakkan masyarakat menanggulangi masalah gizi dan stunting.

“Karena masalah ini dapat mengancam pertumbuhan para generasi muda Kabupaten Tangerang,” katanya. Terkait itu, “penanda-tanganan komitmen hari ini agar dapat dilaksanakan dengan sebaik baiknya.”

Lalu bupati berpantun untuk mempertegas komitmen tersebut, “Ikan Sepat, Ikan Gabus, Ikan Lele. Pelaksanaan TEGAR lebih cepat, lebih bagus, tidak perlu bertele tele…”  Pantun ini disambut gemuruh hadirin, selanjutnya bupati menambahkan pantunnya, “Beli Kerang di Cilincing, Anak Tangerang enggak boleh stunting…”

Sementara dr Hj Desiriana Dinardianti MARS, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, mengucapkan terima-kasih kepada bupati yang telah mendukung kegiatan ini dan menandatangani komitmen bersama lintas sektor dalam Tangerang Gemilang Cegah Stunting (TEGAS).

“Tujuan dari kegiatan seminar yang dilaksanakan satu hari ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta serta meningkatkan peran sektoral dalam pencegahan serta penanggulangan stunting,” urai  dr Hj Desiriana Dinardianti MARS.