Puskesmas Tegal Angus Siap Lanjutkan Pendataan PIS-PK

TELUKNAGA – Puskesmas Tegal Angus tahun ini siap menyelesaikan pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) kepada keluarga-keluarga di 3 desa yang belum terdata di tahun 2018.
Keluarga-keluarga tiga desa dimaksud, yaitu keluarga-keluarga di Desa Tanjung Pasir, Desa Lemo, dan Desa Muara. Sementara keluarga-keluarga di desa-desa yang telah didata pada 2018 adalah keluarga-keluarga di Desa Pangkalan, Desa Tanjung Burung, dan Desa Tegal Angus.
Kepala Puskesmas Tegal Angus, dr Allan Sartana, Kamis (17/1/2019), mengatakan pendataan PIS-PK bertujuan agar pihak puskesmas bisa memiliki data kesehatan di setiap keluarga yang ada di masyarakat.
“Data itu sediri nantinya dapat digunakan menentukan indeks keluarga sehat (IKS) dan sebagai database dalam menentukan program-program kesehatan masyarakat ke depan yang akan dilakukan baik secara promotif maupun preventif,” katanya.
Diungkapkan hasil pendataan di 3 desa pada 2018 diketahui untuk Desa Pangkalan IKS terkecil sebesar 21,21 pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Sementara di Desa Tanjung Burung IKS terkecil sebesar 10,19 pada penyakit hipertensi.
“Untuk data Desa Tegal Angus, masih dalam proses input data ke pusdatin, sehingga belum didapat IKS-nya,” ungkap dr Allan.
Ditambahkan dalam waktu dekat hasil pendataan juga akan disosialisasikan saat musrenbang di 3 desa tersebut. Diharapkan dari data kesehatan keluarga itu pemerintah desa dapat melakukan intervensi program kesehatan sesuai kebutuhan dan tepat sasaran.