4 Sekolah Raih Bintang Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah

SERANG – Empat sekolah binaan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang berhasil meraih penghargaan Bintang Satu Keamanan Pangan Untuk Kantin Sekolah dari BPOM Provinsi Banten.
Keempat sekolah tersebut adalah MAN 4 Kronjo, Insani Madani, SD Islami Village, dan SD Plus Islami Village. Keempat sekolah ini memang telah mendapat pembinaan Bintang Kantin yang dilakukan dinas kesehatan.
Lalu keempat sekolah itu diajukan untuk mengikut penilaian BPOM Provinsi Banten dalam Lomba Bintang Satu Keamanan Pangan Untuk Kantin Sekolah.
Penghargaan sendiri telah diserahkan Kepala BPOM Provinsi Banten kepada para kepala sekolah pada acara Workshop Monitoring dan Evaluasi Program Intervensi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAK) di Hotel Ratu Horison, Serang, Jumat (7/12/2018).
Sukriadi Darma SSI Apt, Kepala BPOM Banten, menjelaskan penghargaan diberikan kepada sekolah yang telah menerapkan prinsip dasar keamanan pangan yang meliputi higiene pengolahan pangan, penanganan dan penyimpanan pangan, pengendalian hama, sanitasi tempat, dan peralatan.
Sekolah-sekolah yang mengikuti lomba telah mendapat penilaian dari tim BPOM Banten. “Sekolah yang pantas mendapat penghargaan, namun bila seiring berjalannya waktu ada temuan yang menyalahi aturan, maka penghargaan yang diberikan bisa dicabut kembali,” ungkap Sukriadi Darma SSI Apt
Dude, Koordinator Pembinaan Bintang Kantin di Kabupaten Tangerang, mengutarakan pemberian penghargaan ini diharapkan bisa menjadi pemicu motivasi keempat sekolah peraih penghragaan untuk bisa lebih meningkatkan keamanan pangan jajanan di kantin yang sehat dan bergizi.
“Diharapkan kondisi ini bisa terus dipertahankan agar penghargaan yang telah didapat tidak sampai dicabut kembali,” katanya.
“Selanjutnya kami pun akan terus melakukan program pembinaan ke sekolah lain dan tetap melakukan pengawasan kepada 4 sekolah peraih penghargaan,” pungkasnya.