300 Siswi SMAN 13 Ikuti Penyuluhan Kesehatan Reproduksi

SINDANG JAYA –  Sedikitnya 300 siswi SMAN 13 Kabupaten Tangerang mengikuti Penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan Pencegahan Pernikahan Dini bagi Remaja Penerus Bangsa untuk Menuju Keluarga Sakinah.
Kegiatan digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bekerja-sama pimpinan wilayah Aisyiyah Provinsi Banten dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten dilangsungkan di Aula SMAN 13 Kabupaten Tangerang, Senin (10/12/2018).
Acara ini dihadiri Kepala Seksi Kesehatan Keluarga pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Wakil Kepala SMAN 13, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kabupaten Tangerang, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Provinsi Banten, dan Pengurus BKKBN sebagai narasumber.
Kepala Seksi Kesehatan Keluarga pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hj Sri Indriyani, menuturkan kegiatan ini untuk menyosialisasikan pentingnya bagi kesehatan untuk mencegah pergaulan bebas di luar pernikahan dan memberi pengetahuan tentang kesehatan reproduksi.
Ini penting karena banyak pernikahan dini dan kasus remaja putri hamil di luar pernikahan yang bisa mengganggu kesehatan mereka, karena ketidaktahuan para remaja putri atas dua persoalan di atas.
“Terus-terang hal ini membuat kami prihatin sehingga masalah ini menjadi dasar melakukan kegiatan sosialisasi kepada remaja putri di SMA,” katanya.
Judul kegiatan ini sendiri adalah Kesehatan Reproduksi dan Mencegah Pernikahan Dini dengan target terwujudnya harapan para remaja putri dapat menjaga kesehatan reproduksinya secara bertanggung jawab dan dapat mencegah kasus pernikahan dini.
Lebih lanjut disampaikan untuk kegiatan ini penyelenggara mengajak pula para siswi perwakilan tiap-tiap kelas menyampaikan kembali pengetahuan yang didapatnya kepada teman-teman remaja putri lainnya.
“Rencananya kami juga akan mengadakan sosialisasi serupa ini kepada para siswi di SMP-SMP,” pungkasnya.