Terrekam 5 Jenis Penyakit Banyak Diidap Warga 3 Desa di Legok

LEGOK – Ditemukan lima jenis penyakit yang rata-rata diidap warga di tiga desa di wilayah Puskesmas Legok berdasar analisis sementara pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).
Ke-5 jenis penyakit yang rata-rata banyak diderita warga Desa Babat, Desa Ciangir, dan Desa Bojong Kamal, adalah: (1) Gizi kurang; (2) Penyakit TBC; (3) ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa); (4) Hipertensi; (5) Kencing Manis (DM).
Terkait itu, para petugas Puskesmas Bojong Kamal yang melakukan pendataan pun memberi pembinaan agar warga di tiga itu bisa melakukan pencegahan dan pengobatan kelima jenis penyakit itu dengan mau mendatangi layanan kesehatan di puskesmas.
Kepala Puskesmas Bojong Kamal, dr Riris Anita Tarihoran M.Mkes, Jumat (26/10/2018), mengakui data PIS-PK yang terhimpun sangat membantu pihaknya dalam melakukan pembinaan secara terarah pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat, khususnya pada warga di desa-desa tertentu.
Sebab pendataan kesehatan masyarakat yang didapat memang terrekam secara mendetail, sehingga para petugas bisa dengan terarah melakukan penyuluhan tentang kesehatannya.
“Program PIS-PK ini sangat baik untuk  mendapatkan indeks kesehatan masyarakat dan untuk menjangkau masyarakat yang tidak sehat,” kata dr Riris Anita Tarihoran M.Mkes.
Untuk itu, sangat diharapkan masyarakat mendukung pelaksanaan program ini sehingga nantinya dapat memudahkan para petugas dalam melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatannya.