5 Kecamatan dengan 5 Tatanan Dinilai Tim Verifikator Banten

TANGERANG – Tim Verifikator Lapangan Swasti Saba Wistara 2018 dari Provinsi Banten mengunjungi lima wilayah kecamatan di Kabupaten Tangerang dalam rangka penilaian Kabupaten Tangerang Sehat.
Rombongan tim diterima Asda I H Heri Heryanto di Gedung Puspemkab Tangerang di Tigaraksa, Senin (22/10/2018). Tampak hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr Desiriana Dinardianti, Plt Kadinkes Banten M Yusuf, pengurus Forum Kabupaten Tangerang Sehat (FKTS) dan beberapa perwakilan OPD Pemprov Banten yang tergabung dalam tim verifikator.
Dikatakan H Emong Wiharja, Sekretaris Forum Kabupaten Tangerang Sehat (FKTS), tim verifikator kemudian mendatangi lima kecamatan, di mana masing-masing kecamatan menerapkan lima tatanan yang berbeda-beda.
Kelima kecamatan itu: Pertama, Kecamatan Sepatan Timur sebagai Kawasan Ketahanan Pangan dan Gizi. Kedua, Kecamatan Pasar Kemis sebagai Kawasan Kehidupan Masyarakat Sehat Yang Mandiri.
 Ketiga, Kecamatan Balaraja sebagai Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat. Keempat, Kecamatan Jayanti sebagai Kawasan Kehidupan Sosial Yang Sehat. Kelima, Kecamatan Jambe sebagai Kawasan Permukiman Sarana dan Prasarana Sehat.
“Penilaian ini dalam rangka Penghargaan Swasti Saba Wistara 2018 tingkat Provinsi Banten untuk Kabupaten Tangerang Sehat,” kata H Emong. Penghargaan serupa pernah diraih Kabupaten Tangerang di tahun 2016.
Diungkapkannya FKTS telah mempersiapkan diri untuk penilaian ini sejak 2017 dengan bekerjasama melakukan pembinaan dengan sejumlah OPD Pemkab Tangerang termasuk dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.
Menurutnya Dinkes Kabupaten Tangerang telah banyak membantu, khususnya dalam pembinaan ke wilayah, yang selalu bekerjasama dengan puskesmas-puskesmas yang ada di kecamatan.
“Sinergi dengan Dinkes Kabupaten Tangerang diperlukan agar upaya pembentukan daerah sesuai dengan tatanan yang diharapkan bisa terwujud, misalnya seperti pembinaan konselor ASI, pembinaan kantin sehat, pembinaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), dan lain-lain,” tambah H Emong.
Dirinya berharap prestasi yang sama, yang pernah diraih di tahun 2016 yaitu mendapat penghargaan Swasti Saba Wistara tingkat Provinsi Banten, dapat terulang kembali diraih di tahun ini.