Cegah & Obati Kusta, Digelar RVS Kusta di Desa Pasir Jaya

CIKUPA – Puskesmas Pasir Jaya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mengadakan pemeriksaan Revisi Valid Survey (RVS) Kusta di Desa Pasir Jaya, Kamis (25/10/2018).
Kegiatan ini diikuti 147 warga dengan hasil RVS-nya ditemukan 2 warga dinyatakan positif Kusta. Segera kedua warga itu diberikan pengobatan dan pembinaan untuk kesembuhannya dengan rajin meminum obatnya.
Selanjutnya pihak puskesmas memprogram pengobatan kunjungan rumah dengan melakukan pemeriksaan secara intensif atas dua warga itu.
Selain itu, puluhan warga lainnya diberikan Sosialisasi Tentang Pengetahuan Gejala Penyakit Kusta dan Pengobatannya agar masyarakat bisa memahaminya.
Kepala Puskesmas Pasir Jaya, dr Siti Zakiah, menjelaskan pelaksanaan program  Intensifikasi Penemuan Kasus Kusta secara dini di wilayahnya ini sangat membantu masyarakat dalam melakukan pencegahan penyakit kusta.
“Bila sebelumnya banyak warga yang kurang mengetahui tentang penyakit Kusta, kini mereka mengetahui dan memahami tentang Kusta, pencegahan dan pengobatannya,” papar dr Siti Zakiah.
Selanjutnya program inipun akan diteruskan ke desa lainnya agar bisa lebih terdektesi kasus penyakit Kusta di masyarakat dan bisa segera melakukan pencegahan dan pengobatannya, pungkas dr Siti Zakiah.