Perlu Disuluh, Ada Warga Tegal Sari Sakit Tetapi Tak Berobat

TIGARAKSA – Hasil sementara pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang dilaksanakan Puskesmas Pasir Nangka kepada masyarakat di Desa Tegal Sari, Kecamatan Tigaraksa, menemukan banyak masyarakat masih kurang peduli kesehatannya.
Misalnya dari indikator-indikator kesehatan masyarakat yang didata, ternyata ditemukan masih banyak masyarakat yang suka merokok, terkena hipertensi tetapi tidak berobat teratur, dan sebagiannya tidak ber-KB.
H Imam Balawista, Kepala Puskesmas Pasir Nangka, Selasa (23/10/2018), menjelaskan terkait data itu maka para petugas pendata pun diinstruksikan untuk rajin memberikan pengarahan kepada masyarakat agar mau datang berobat secara teratur ke puskesmas dan mau ber-KB, agar bisa hidup lebih sehat dan sejahtera.
Dituturkan dalam putaran pertama pelaksanaan pendataan PIS PK di wilayah Desa Tegal Sari dengan sasaran 1.200 KK mendapatkan sejumlah kendala, sehingga petugas harus lebih rajin melakukan pendataan dengan cara tersendiri.
Kendala yang dihadapi misalnya banyak warga yang dikunjungi tidak seluruh anggota keluarganya ada di rumah sehingga harus dilakukan beberapa kali kunjungan untuk mendapatkan data kesehatan yang akurat.
“Sisi lainnya, pekerjaan rutin di puskesmas pun terkategori banyak, sehingga petugas harus pandai-pandai membagi waktu…” katanya.
Diakui H Imam Balawista, terkait kendala itu maka sampai saat ini pendataan PIS-PK putaran pertama baru mencapai 800-an KK dari target sasaran sebanyak 1.200 KK. Namun diyakini sampai batas waktunya semua sasaran akan terdata seluruhnya.