Terprogram Germas Masuk RPJMD Kabupaten Tangerang

PASAR KEMIS – Pemerintah Kabupaten Tangerang mendukung penuh pelaksanaan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sebagai upaya preventif penyakit tidak menular di Kabupaten Tangerang
Demikian dikatakan Hj Dwi Harti Nugraheni MKM, Kabid Sumber Daya Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang di acara Roadshow Ke-8 Germas Provinsi Banten yang dilaksanakan di Aula Puskesmas Pasar Kemis, Jumat  (19/10/2018).
Salah-satu dukungannya adalah dengan mendorong Program Germas masuk ke dalam salah-satu prioritas pembangunan kesehatan Bupati Tangerang sehingga termaktub di dalam RPJMD Kabupaten Tangerang. “Karenanya dukungan penganggaran untuk program ini bisa maksimal,” katanya.
Diungkapkan Germas di Kabupaten Tangerang telah dicanangkan sejak 2017. Sosialisasinya juga telah dilakukan ke 29 kecamatan yang dibantu puskesmas hingga ke tingkat desa.
“Yang terbaru kami melaksanakan PIS-PK untuk mendukung Germas,” tambah Hj Heni, sapaan akrab Hj Dwi Harti Nugraheni.
Tidak hanya itu, Pemkab Tangerang juga mulai menerapkan Program Kurangi Sampah Sekolah Kita (Kurasaki) dan Kurangi Sampah Kantor (Kurasakan). Melalui program ini anak-anak sekolah membawa tempat makan dan minum dari rumah sehingga saat jajan tidak mengotori lingkungan sekolah, begitupun juga di kantor-kantor pemerintahan.
Dalam kegiatan ini dilakukan pula senam dan makan buah secara bersama-sama dengan para undangan yang hadir dalam kegiatan ini.
Pada kesempatan itu hadir dr Lili Budianto dari Dinkes Banten yang menjelaskan Germas dibentuk sebagai langkah preventif melihat perkembangan penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, dan stroke semakin meningkat selama 20 tahun terakhir.
“Banten sedang membuat Instruksi Gubernur agar seluruh OPD dapat mendukung Germas. Misalnya Dishub membangun jalur sepeda, Dispora membangun sarana olahraga, dll,” jelasnya.
Ditambahkan H Ade Awaludin, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Banten yang mengatakan selalu mensupport berbagai kegiatan Germas baik regulasi maupun penganggaran.
“Untuk di Kabupaten Tangerang, saya lihat Bupati Zaki cukup aktif dalam kegiatan Germas ke masyarakat,” imbuhnya.