Digelar Lomba Kelas Ibu Hamil Tingkat Kabupaten Tangerang

TANGERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menggelar Lomba Kelas Ibu Hamil (KIH) Tingkat Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Tangerang, Kamis (18/10/2018).
Acara dibuka Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang, Tri Hesti Yulianti, yang dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari upaya penyelamatan ibu melahirkan dan bayi baru lahir.
“Kita harus terus berupaya menekan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir di Kabupaten Tangerang. Dan kelas ibu hamil ini merupakan salah-satu upayanya,” katanya.
Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang juga mengapresiasi kepada Kelas Ibu Hamil dari Kecamatan Jambe yang membuat inovasi dengan memberikan piagam kepada ibu hamil yang melahirkan di fasilitas kesehatan, bukan di dukun beranak (paraji).
Sementara dr Ni Wayan Manik Kusmayoni MKK, Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kabupaten Tangerang, menjelaskan Lomba Kelas Ibu Hamil ini diikuti perwakilan kelas ibu hamil dari 11 kecamatan yaitu Kecamatan Cisauk, Kecamatan Curug, Kecamatan Rajeg, Kecamatan Kresek, Kecamatan Sepatan Timur, Kecamatan Tigaraksa, Kecamatan Teluknaga, Kecamatan Pakuhaji, Kecamatan Jayanti, Kecamatan Jambe dan Kecamatan Pasar Kemis.
Dalam perlombaan ini sejumlah indikator dinilai di antaranya pengetahuan terkait kesehatan ibu dan anak (KIA), inovasi dan performance di lapangan. “Performance di lapangan yaitu kemampuan kader kelas ibu hamil ini membimbing ibu-ibu hamil di wilayahnya mulai dari makanannya, lingkungannya, cara menjaga kesehatan kehamilannya, hingga proses persalinan di fasilitas kesehatan,” jelas dr Manik.
Diadakan pula tes tertulis seputar informasi KIA bagi para kader kelas ibu hamil dari 11 kecamatan itu dan dari hasil tes tertulis itu akan disaring menjadi 4 kecamatan saja. Selanjutnya 4 kecamatan itu mengikuti cerdas cermat terkait KIA untuk menghasilkan juara 1, juara 2 dan juara 3.
Adapun hasilnya, sbb: Juara I diraih KIH dari Kecamatan Jayanti dan berhak atas hadiah uang senilai Rp 4,5 juta, juara II diraih KIH dari Kecamatan Jambe dengan hadiah Rp 3,5 juta, dan juara III diraih KIH dari Kecamatan Pasar Kemis dengan hadiah Rp 2,5 juta.
Pada kesempatan itu juga diberikan apresiasi kepada inovasi terbaik untuk Kelas Ibu Hamil dari Kecamatan Jambe dan apresiasi juga diberikan untuk kecamatan-kecamatan yang menampilkan aksi teaterikal penanganan ibu melahirkan, yaitu Terbaik I dari Kecamatan Jambe, Terbaik II dari Kecamatan Kresek dan Terbaik III dari Kecamatan Tigaraksa.