3 Puskesmas Raih Penghargaan Pelayanan Farmasi Terbaik

TIGARAKSA –  Puskesmas Kelapa Dua, Puskesmas Balaraja, dan Puskesmas Kronjo, mendapat penghargaan Pelayanan Kefarmasian Puskesmas Terbaik Kabupaten Tangerang Tahun 2018.
Pemberian penghargaan itu disampaikan saat digelar Rapat Evaluasi Penggunaan Obat Rasional Puskesmas sebagai bagian menjaga mutu pelayanan kefarmasian di setiap puskesmas di Kabupaten Tangerang oleh Seksi Farmasi Perbekalan Kesehatan dan Makanan Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Rabu (17/10/2018).
Muji Harja M.Fram Apt, Kepala Seksi Perbekalan Kesehatan dan Makanan pada Dinkes Kabupaten Tangerang, menjelaskan penilaian puskesmas terbaik ini berdasarkan hasil penilaian tim sesuai standar kriteria Permenkes No 74/Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sedianya Farmasi dan Bahan Medis Habis Pakai, serta Pelayanan Farmasi Klinik.
Selain itu, dijelaskan pula, penggunaan obat dikatakan rasional sesuai WHO, apabila pasien menerima obat yang tepat untuk kebutuhan klinis dengan dosis yang cukup dan harga yang terjangkau.
Penggunaan obat rasional pun harus meliputi dua aspek pelayanan, yaitu pelayanan medik oleh dokter dan pelayanan farmasi klinik oleh apoteker.
“Untuk itu diharapkan adanya kolaborasi yang sinergis antara dokter dengan apoteker untuk menjamin keselamatan pasien melalui penggunaan obat rasional.”
Muji Harja M.Fram Apt pun menyampaikan ucapan selamat kepada 3 puskesmas yang telah meraih Penghargaan Pelayanan Kefarmasian Puskesmas Terbaik Kabupaten Tangerang Tahun 2018.
“Semoga bisa terus ditingkatkan kinerjanya agar bisa menjadi lebih baik. Sementara bagi puskesmas lainnya, semoga pemberian penghargaan ini bisa memotivasi untuk berpacu menjadi yang terbaik,” pungkasnya.