Lagi, Dua Posbindu Dibentuk Puskesmas Tigaraksa

TIGARAKSA – Setelah terbentuknya 10 pos pembinaan terpadu (posbindu) lansia di 7 desa di wilayah kerja Puskesmas Tigaraksa, kini ada penambahan  pembentukan 2 posbindu lansia lainnnyayaitu di Kelurahan Tigaraksa dan di Kelurahan Kedaung.
Pembetukan dua posbindu ini dilaksanakan di Aula Puskesmas Tigaraksa, Selasa (16/10/2018).
Kepala Puskesmas Tigaraksa, drg Hj Eko Hartati MARS, menuturkan dengan penambahan dua posbindu ini maka kini di wilayah kerja Puskesmas Tigaraksa terdapat 12  posbindu yang siap memberi layanan pembinaan kesehatan kepada para lansia.
Ke-12 posbindu itu terdapat 2 posbindu di Kelurahan Tigaraksa, 2 posbindu di Kelurahan Kedaung, 1 posbindu di Desa Margasari, 2 posbindu di Desa Sodong, 1 posbindu di Desa Tapos, 2 posbindu di Desa Bantar Panjang, dan 2 posbindu di Desa Cileles.
“Semoga dengan bertambahnya 2 posbindu ini layanan pembinaan kesehatan para lansia bisa lebih baik lagi, sekaligus bisa memotivasi wilayah lain untuk segera membentuk posbindu di wilayahnya,” ungkapnya.
Posbindu secara nyata bisa lebih mendekatkan pelayanan pembinaan kesehatan kepada para lansia di setiap wilayah. Dengan kedekatan pelayanan ini, pada akhirnya para lansia bisa lebih terkontrol kesehatannya.
 
LIMA MEJA
Dalam kegiatan pembentukan 2 posbindu di atas, Puskesmas Tigaraksa pun melanjutkannya dengan memberi pembinaan kepada para petugas posbindu di dua kelurahan tersebut dengan materi pamantapan layanan posbindu berprinsip Pelayanan 5 Meja.
Yaitu: Meja 1 sebagai meja pendaftaran. Meja 2 sebagai meja wawancara, penimbangan berat-badan dan pengukuran tinggi-badan. Meja 3 sebagai meja untuk pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan kesehatan oleh petugas puskesmas didampingi kader.
Meja 4 sebagai meja pemeriksaan laboratorium sederhana berupa laboratorium kadar gula darah, kolestrol dan asam urat. Meja 5 sebagai meja penyuluhan dan konseling.