Dinkes Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi 77 Warga

CURUG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten  Tangerang bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), Yayasan Dharmais dan RS Hermina Bitung, kembali menggelar bakti sosial operasi katarak secara  gratis.
Sebanyak 77 warga Kabupaten Tangerang mendapatkan kesempatan operasi katarak gratis dalam kegiatan yang dilaksanakan di RS Hermina Bitung, Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu (13/10/2018).
Kasi Pelayanan Kesehatan Primer, Tradisional, dan Komplementer pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Sumihar Sihaloho, mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin Dinkes Kabupaten Tangerang di setiap tahunnya, tidak hanya operasi katarak gratis, ada juga kegiatan operasi bibir sumbing gratis.
“Yang sekarang ini kegiatan operasi katarak yang kedua kali, setelah sebelumnya dilaksanakan di April 2018. Sementara kegiatan operasi bibir sumbing telah dilaksanakan Juli 2018,” kata dr Sumihar Sihaloho yang akrab disapa dr Mingky.
Pelaksanaannya dimulai Jumat (12/102018), dimulai dengan screening terhadap 225 pasien yang terdaftar, yang lalu tersaring 77 pasien yang dinyatakan layak mendapatkan operasi katarak.
Kemudian pada Sabtu (13/10/2018) dimulai kegiatan operasinya sejak pukul 08.00 hingga pukul 18.00. Sebanyak 5 meja operasi disiapkan dengan tim dokter mata dari Perdami yang berjumlah sedikitnya 20 orang secara bergantian melakukan operasi mata.
Ditambahkan dr Mingky, melalui kegiatan ini diharapkan angka kebutaan mata akibat katarak di Kabupaten Tangerang dapat terus ditekan.