Kabupaten Tangerang Raih Sertifikat Eliminasi Filariasis

TANGERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berhasil meraih penghargaan Sertifikat Eliminasi Filariasis dari Kementerian Kesehatan RI sebagai bentuk penghargaan atas upaya pemberantasan Penyakit Kaki Gajah atau Filariasis di wilayah Kabupaten Tangerang.
Penyerahan penghargaan tersebut diselenggarakan saat Pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) Ke-4 Nasional oleh Kementerian Kesehatan RI di Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin (15/10/2018).
Penghargaan diserahkan Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek kepada Asda I Pemkab Tangerang H Heri Heryanto.
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan  Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi MARS, Senin (15/10/2018), mengatakan Program Eliminasi Filariasis di Kabupaten Tangerang memang sudah berjalan sejak 6 tahun lalu, berupa Program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis secara massal setahun sekali.
“Obat pencegah Penyakit Kaki Gajah yang diberikan pada POPM diharapkan dapat memutus mata-rantai penularan penyakit itu,” katanya.
Sesudah diberikan obat, pihak Kementerian Kesehatan RI dalam waktu 3 tahun sekali melakukan pengecekan ke masing-masing daerah yang menjalankan POPM tersebut, termasuk ke Kabupaten Tangerang.
Di Kabupaten Tangerang pemeriksaan kesehatan terkait Filariasis oleh Kementerian Kesehatan RI dilakukan pada 2 bulan yang lalu. “Alhamdulillah hasilnya negatif bagi Penyakit Kaki Gajah…” ungkap dr Hendra.
Dan atas dasar hasil negatif tersebut, Pemkab Tangerang pun berhak memperoleh Sertifikat Eliminasi Filariasis dari Kementerian Kesehatan RI.
“Dengan raihan penghargaan ini, diharapkan ke depan tidak ada lagi kasus Penyakit Kaki Gajah di Kabupaten Tangerang,” pungkas dr Hendra.