Dimatangkan Program PKPR bagi Petugas 14 Puskesmas

TIGARAKSA – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang membentuk Petugas Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) yang melibatkan 14 puskesmas.
Kegiatan ini dilaksanakan Seksi Kesehatan Ibu, Anak dan Keluarga Berencana pada Bidang Kesehatan Keluarga, yang pembentukan berlangsung di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Senin (8/10/2018).
Pembentukan PKPR sendiri sebagai pelaksanaan program dari Kementerian Kesehatan RI yang mewajibkan setiap daerah kabupaten/kota di tahun 2018 sudah memiliki 40 persen puskesmas yang memberi pelayan PKPR.
Kepala Seksi Kesehatan Ibu, Anak dan Keluarga Berencana, dr Hj Sri Indriyani, mengutarakan untuk wilayah Kabupaten Tangerang sebenarnya sudah memiliki petugas PKPR di 18 puskesmas. Namun  untuk kegiatan kali ini sebanyak 14 puskesmas yang diundang ikut pematangan programnya.
“Ini disebabkan karena ada beberapa puskesmas yang petugasnya baru memegang program ini dan ada pula yang terkena rolling…” ungkapnya.
Dijelaskan sebelumnya di setiap puskesmas, pengelolaan program UKS dan PKPR terpisah, namun sejak tahun 2017 pengelolaan dua program itu hanya dilaksanakan oleh satu petugas.
Terkait untuk lebih mengoptimalkan kegiatannya disebabkan bersasaran sama, diharapkan petugas pengelolanya bisa lebih mengkolaborasikannya secara optimal, sehingga pelayanan kesehatan remaja di puskesmas bisa lebih baik lagi.
Diuraikan dr Hj Sri Indriyani, tujuan dari pertemuan ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan remaja di wilayah 14 puskesmas yang ada, sehingga ke depannya sudah tidak ada lagi remaja putri yang misalnya ver-HB rendah karena tidak terkontrol kesehatannya.
“Ke depan puskesmas yang sudah memberikan pelayanan PKPR inipun diharapkan bisa membuka pelayanan melalui kontak personal,” katanya.
Ini untuk memberikan wadah bagi para remaja yang mungkin malu, bisa langsung datang membicarakan permasalahan ataupun keluhan penyakitnya kepada petugas secara khusus. Selain itu dengan melalui kontak personal, juga bisa memudahkan remaja untuk konsultasi kesehatannya kapan saja.