Puskesmas Tigaraksa Rutin Bina Kelas-kelas Ibu Hamil

TIGARAKSA – Memberikan pengetahuan tentang kehamilan sehat, persalinan, nifas sampai cara merawat bayi baru lahir dengan baik dan sehat kepada para ibu hamil, para petugas kesehatan Puskesmas Tigaraksa membuka kelas ibu hamil (KIH).
Kepala Puskesmas Tigaraksa, drg Hj Eko Hartati MARS, Rabu (19/9/2018), mengaku sampai saat ini memang baru beberapa wilayah yang sudah membuka KIH. Namun diharapkan kelas-kelas ibu hamil lainnya akan dibentuk di tempat-tempat lainnya.
Adapun kelas ibu hamil yang sudah terbentuk, di antaranya di Desa Cileles, Desa Tapos dengan nama KIH Tapos 1, di Desa Kadu Agung dengan nama KIH Kadu Agung 2,  di Desa Sodong dengan nama KIH Sodong 2, dan Desa Bantar Panjang dengan nama KIH Bantar Panjang 1.
Dijelaskan dibukanya pelayanan kelas ibu hamil di beberapa wilayah tersebut, bertujuan melakukan pencegahan kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir. “Dengan kelas ibu hamil, para peserta akan diberi pengetahuan cara menjaga kesehatan diri dan kandungannya selama kehamilan.”
Selain itu dalam kelas ibu hamil pun para peserta dilatih rutin melakukan senam hamil saat menjelang melahirkan sehingga pada saat nifas mereka tidak mengalami banyak kesulitan.
Lalu, peserta juga diberikan pengetahuan tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS), cara merawat  diri dan bayi, serta pengetahuan tentang pemberian makanan yang bergizi, berprotein yang seimbang, yang terbaik bagi diri dan bayinya.
Diharapkan ke depannya para ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Tigaraksa bisa tetap sehat dan selamat pada saat melahirkan di fasilitas kesehatan semisal PONED Puskesmas Tigaraksa, ataupun di fasilitas kesehatan lainnya di wilayah kerja Puskesmas Tigaraksa.
“Semoga saja ini bisa lebih memotivasi wilayah-wilayah yang belum memiliki kelas ibu hamil, untuk bisa segera membentuk kelas ibu hamilnya,” pungkas drg Hj Eko Hartati MARS.