Puskesmas-puskesmas Serempak Gelar ORI Difteri III

TIGARAKSA – Para petugas puskesmas se-Kabupaten Tangerang kembali melaksanakan Outbreak Responden Immunization (ORI) Difteri. Kali ini, dilaksanakan ORI Difteri Tahap III sebagai penuntasan pencapaian target sasaran 27.638 orang berusia 1-19 tahun kurang 1 hari .
Para petugas puskesmas-puskesmas telah melaksanakan kegiatan pemberian vaksin Difteri ini sejak tanggal 10 Agustus. Keterangan diperoleh sampai Senin (10/9/2018) sudah tercapai pelaksanaannya bagi 19.507 orang.
Salah-satu pelaksana ORI Difteri adalah Puskesmas Pasir Nangka di Kecamatan Tigaraksa. H Imam Balawista, Kepala Puskesmas Pasir Nangka, mengakui pelaksanaan kegiatan ini ditargetkan sampai dengan tanggal 4 Oktober 2018.
“Semoga saja dapat mencapai target yang di harapkan,” harapnya. Lalu, dia menerangkan bagi orang yang telah mengikuti ORI sesuai pentahapannya diharapkan telah mendapatkan kekebalan untuk pencegahan terhadap penyakit Difteri, TBC, Tetanus, Partisi, dan sejumlah penyakit lainnya.
Untuk pelaksanaan tahap I dan tahap II, kata dia, pihaknya telah melaksanakan ORI dengan baik dan diharapkan pelaksanaan ORI Tahap III bisa sama baik juga. “Kesadaran masyarakat melakukan pencegahan penyakit sudah mulai tinggi…”
Namun tetap untuk selanjutnya partisipasi masyarakat membantu dan mendukung program pemerintah ini perlu ditingkatkan lagi sehinggga para petugas di lapangan tidak mengalami kesulitan dalam pelaksanaannya.