Dijaga Keamanan & Kesehatan Makanan Atlet Pentatlon

TIGARAKSA – Menjaga kehormatan luar-biasa bagi Kabupaten Tangerang, maka pertandingan Pentathlon Asian Games 2018 di Desa Tapos, Kecamatan Tigarksa, pada 31 Agustus-1 September 2018 harus sukses.
Terkait itu, selaku tuan-rumah, jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang pun tak tinggal diam. Tim kesehatan dinas ini telah melakukan gladiresik penanganan kesehatan bagi para atlet dan official dari negara-negara peserta tanding.
Termasuk bersama jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Banten melakukan pemeriksaan fisik kantin di venue dan tempat penginapan atlet, sekaligus melakukan Uji Rapid Test terhadap bahan-bahan makanan yang akan disajikan agar tak mengganggu kesehatan para tamu negara itu. 
Kegiatan petugas kesehatan dari Dinkes Provinsi Banten ini mendapat perbantuan dari jajaran Dinkes Kabupaten Tangerang melalui Seksi Farmasi dan Pengawas Keamanan Pangan pada Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.
Muji Harja M.Farm Apt, Kepala Seksi Farmasi dan Pengamanan Keamanan Pangan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kamis (30/8/2018), menjelaskan, hasil Uji Rapid Test yang dilaksanakan di venue atau arena tidak ditemukan bahan-bahan yang bisa mengganggu kesehatan dan berbahaya.
“Dengan hasil ini, semoga sampai berakhir pelaksanaan pertandingan tidak ada masalah, karena semua menu makanan yang di sajikan aman dari sisi kesehatan,” katanya.
Namun ditambahkan Muji Harja M.Farm Apt, uji rapid test akan terus dilakukan sampai pelaksanaan selesai. Untuk itu, Tim Dinkes Kabupaten Tangerang akan terus bersiaga menjaga dan mengawasi keamanan pangan para atlet dan kru di lingkungan arena pertandingan.
Cabang olahraga Pentathlon adalah cabang olahraga yang menyatukan 5 cabang olahraga yang dilakukan seorang atlet. Kelima cabang olahraga yang disatukan adalah Renang, Anggar, Bekuda, Lari dan Nembak.
Pelaksanaan pertandingan cabang olahraga ini akan berlangsung 31 Agustus-1 September. Pada hari pertama dilaksanakan pertandingan bagi atlet putri dan hari kedua dilaksanakan pertandingan bagi atlet putra.