Puskesmas Tigaraksa Ikuti Penilaian Akreditasi Puskesmas

TIGARAKSA – Puskesmas Tigaraksa mengikuti Penilaian Akreditasi Puskesmas dari Kemenkes RI, Senin (13/8/2018). Hadir mendampingi penilaian, Sekretaris Dinkes Kabupaten Tangerang bersama Camat Tigaraksa.
Dalam rangkaian acara penilaian, tahap awal tim penilai yang diterima di Aula Puskesmas Tigaraksa mendapat paparan profil dan kegiatan Puskesmas Tigaraksa yang disampaikan drg Hj Eko Hartati MARS, Kepala Puskesmas Tigaraksa.
Setelah itu, tim menelaah dokumen, mengkaji rekam manajemen puskesmas, melakukan wawancara dengan para petugas puskesmas, sampai melakukan observasi dan diskusi.  
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hj Dede Widyawati M.Kes, menjelaskan untuk pelaksanakan akreditasi di waktu yang bersamaan terjadi di dua puskesmas, yaitu Puskesmas Tigaraksa dan Puskesmas Teluknaga. Pelaksanaan penilaiannya sendiri berlangsung selama 3 hari, mulai Senin, Selasa dan Rabu  atau 13-15 Agustus 2018.
Untuk sejumlah puskesmas yang lainnya yang akan dinilai akreditasya karena diusulkan lebih dahulu dan mestinya dinilai tahun 2017, masih akan diatur jadwal penilaiannya oleh tim penilai.
Sedangkan 12 puskesmas lainnya sebagai usulan terbaru, papar dr Hj Dede Widyawati M.Kes, sesuai rencana penilaiannya akan dilaksanakan pada Oktober 2018.
Bila semua penilaian akreditas puskesmas bisa dilaksanakan di tahun ini, maka tahun 2018 di Kabupaten Tangerang akan ada 18 puskesmas yang sudah terakreditasi. “Semoga saja tim penilai bisa melaksanakan tugasnya sesuai harapan kita.” 
Sementara dr Suminar Sahaloho, Pembina Akreditasi Puskesmas pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, mengakui kesiapan administrasi dan kelengkapan sarana-prasarana pada puskesmas-puskesmas yang akan mengikuti penilaian sudah dipersiapkan dengan baik.
“Tinggal kesiapan mental para petugas puskesmasnya saja mengikuti secara baik sesi wawancara dan diskusi dengan tim penilai,” katanya. “Harapan kami semoga semua puskesmas yang melaksanakan akreditasi bisa mendapat nilai terbaik.”