Penilaian Akreditasi, Puskesmas Kutabumi Pun Berbenah

PASAR KEMIS – Puskesmas Kutabumi terus berbenah mempersiapkan diri menghadapi Penilaian Akreditasi Puskesmas yang akan dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada 6-8 September 2018.
Kepala Puskesmas Kutabumi, drg Cristina Handar, Jumat (10/8/2018), mengatakan puskesmasnya tahun ini akan diakreditasi Kemenkes RI bersama 18 puskesmas lainnya yang ada di Kabupaten Tangerang.
Dikatakan sejumlah persiapan pun telah dilakukan di antaranya memberikan pelatihan dan pembinaan kepada seluruh petugas puskesmas agar dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai dengan standard operating procedure (SOP). “Semua jenis pelayanan ada SOP-nya. Ini dilakukan agar mutu pelayanan semakin baik,” katanya.
Lalu dilakukan pula beberapa perbaikan sarana-prasarana puskesmas, di antaranya penyediaan ruang menyusui dan sarana bermain anak.
Dijelaskan drg Cristina, Puskesmas Kutabumi sendiri telah menjadi salah-satu dari 5 puskesmas di Kabupaten Tangerang yang dinobatkan sebagai Puskesmas Ramah Anak. “Di puskemas kita, anak-anak sambil nunggu orangtuanya berobat, atau mau diimunisasi, mereka dapat bermain di lokasi bermain tersedia,” tambahnya.
Diakuinya sejumlah persiapan lainnya juga terus dilakukan Puskesmas Kutabumi agar mendapatkan penilaian akreditasi yang baik dan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masarakat.
“Hasil akreditasi adalah bonus, sedangkan tugas utama adalah terus melakukan pelayanan dengan baik, terus memperbaiki mutu pelayanan dan membiasakan layanan yang benar sesuai dengan aturan,” pungkas drg Cristina Handar.