Puskemas Legok Gelar POC Dengan Sasaran 15.000 Anak

LEGOK – Petugas Puskesmas Legok pada Agustus 2018 menggencarkan pelaksanaan Pemberian Obat Cacing (POC) kepada murid SD, TK, dan balita di sekolah-sekolah dan di posyandu-posyandu.
“Target sasaran yang mendapat POC adalah 15.000 anak usia 1-12 tahun,” kata drg Widya Anggraeni MKM, Kepala Puskesmas Legok, Kamis (9/8/2018).
Dijelaskan pelaksanaan POC sendiri telah mulai dilaksanakan sejak awal Agustus dengan menyebar petugas ke seluruh wilayah kerja Puskesmas Legok, meliputi 44 posyandu, 45 TK, dan 24 SD/MI.
Penyakit kecacingan, ungkap drg Widya Anggraeni MKM, dikenal sebagai salah-satu penyebab terhambat gangguan tumbuh-kembang dan asupan nutrisi pada anak-anak, yang dapat mengganggu konsentrasi dan prestasi anak-anak di sekolah.
“Bila kondisi ini dibiarkan, maka anak yang terkena kecacingan bisa terhambat kemajuan tumbuh-kembang dan kecerdasannya. Oleh karena itu, pemerintah sangat konsen terhadap penyakit ini dengan melakukan pemberian obat cacing di setiap enam bulan sekali secara gratis,” papar drg Widya Anggraeni MKM.
Diharapkan para orangtua, guru, dan masyarakat bisa membantu dan mendukung suksesnya pelaksanaan program ini, agar anak-anak di wilayah Kecamatan Legok dapat terhindar dari penyakit ini.
Lebih lanjut disampaikan para petugas sebelum melaksanakan POC telah pula melakukan penyuluhan dan pembinaannya terlebih dahulu kepada para murid, guru, orangtua, dan masyarakat.
Materi penyuluhan sendiri di antaranya mengajak menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada anak, tidak jajan sembarangan, dan  para orangtua bisa menjaga tumbuh-kembang anak dengan sebaik-baiknya.