28 KKR SMAN 25 Dipahami Pentingnya Sarapan Sehat

SEPATAN TIMUR – Melaksanakan Program PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja), Puskesmas Kedaung Barat menggelar pembinaan kesehatan terhadap remaja di Ruang Laboratorium SMAN 25 Kabupaten Tangerang, Sepatan Timur, Kamis (9/8/2018).
Sedikitnya 28 siswa-siswi sekolah itu yang tergabung dalam Kader Kesehatan Remaja (KKR) di bawah binaan Puskesmas Kedaung Barat diberikan pemahaman tentang pentingnya sarapan sehat serta pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja.
R Tati Haryati SKM MSi, Kepala Puskesmas Kedaung Barat, mengatakan Puskesmas Kedaung Barat sebagai Puskesmas PKPR memang secara rutin memberikan pemahaman kesehatan kepada para remaja di sekolah-sekolah di sekitar Kecamatan Sepatan Timur.
“Melalui kegiatan ini diharapkan para pelajar akan mampu membagikan pengetahuannya kepada teman-temannya, baik di sekolah maupun di lingkungan rumahnya,” katanya.
Pada kesempatan itu disampaikan sarapan sehat itu penting, di antaranya bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, menjaga berat-badan yang ideal, berkonsentrasi lebih baik, dan membuat bergairah untuk bersekolah.
“Kalau tidak sempat di rumah, jangan malu bawa sarapan ke sekolah…” ajak R Tati Haryati SKM MSi.
Selain itu disampaikan pula materi tentang kesehatan reproduksi remaja agar pelajar bisa memahami fungsi organ reproduksinya yang sedang mengalami pertumbuhan. Yaitu pada wanita mengalami menstruasi, pertumbuhan payudara dan lain-lain. Sedangkan pada pria mengalami mimpi basah, pertumbuhan jakun dan lain-lain.
R Tati Haryati SKM MSi menambahkan di Puskesmas Kedaung Barat telah memiliki Klinik Kesehatan Remaja disertai petugas kesehatan yang menangani khusus remaja.
Beberapa pelayanan dapat diberikan di klinik ini, di antaranya konseling/curhat, pemeriksaan kesehatan, pengobatan penyakit, termasuk di dalamnya adalah layanan kesehatan reproduksi dan seksual.