Jaga Bugar, Pegawai Dinkes Ikuti Pemeriksaaan Kesehatan

TIGARAKSA – Memberi kebugaran, para pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mengikuti skrining kesehatan yang dilaksanakan di setiap 3 bulannya oleh Petugas Kesehatan Seksi Penyakit Tidak Menular.
Dalam kegiatan dilaksanakan Jumat (3/8/2018) di lobi kantor dinas kesehatan ini, para pegawai didata tinggi dan berat badannya, lalu dicek kadar lemaknya, otot-ototnya, lingkar perutnya, tekanan darahnya, gula-darahnya, sampai kadar kolestrolnya.
Pelaksanaannya dilaksanakan setelah para pegawai mengikuti senam bersama di halaman kantor, yang memang rutin dilaksanakan di setiap Jumat pagi.
Pemegang Program Pemeriksaan Kesehatan Triwulanan Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Dewi, mengatakan kegiatan pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk mengontrol kebugaran pegawai sekaligus mendeteksi penyakit yang mungkin saja mengganggu kesehatan pegawai.
“Bila ada pegawai yang terdeteksi menderita penyakit, maka segera dilakukan pengecekan kesehatan lebih lanjutnya,” katanya. Dengan cara ini, papar dr Dewi, kebugaran dan kesehatan para pegawai bisa terkontrol dan terjaga. 
Lebih lanjut disampaikan kebanyakan orang yang merasa dirinya sehat, seringkali enggan mengontrol kesehatannya. Tetapi setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata banyak gejala penyakit yang ada pada dirinya, yang bisa saja diakibatkan tidak mau mengontrol pola makannya, malas berolahraga, sampai malas mengecek kesehatannya.
“Oleh karena itu, diharapkan seluruh pegawai ataupun masyarakat harus rajin berolahraga sedikitnya 30 menit sehari secara rutin, membiasakan makan sayur-sayuran dan buah setiap hari,” pintanya.
Lalu, rajin pula melakukan pengecekan kesehatan secara rutin sepekan sekali, sehingga dapat terkontrol kebugaran dan kesehatan dirinya.