Eliminasi TB, Setiap Kader Dilatih Ajak Berobat 20-30 Penderita

KRONJO – Menjalankan program mengeliminasi TB di Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menggelar Pelatihan Kader TB yang dilaksanakan di Puskesmas Kronjo, 30 Juli-1 Agustus 2018.
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi MARS, mengatakan kegiatan ini diikuti sedikitnya 25 kader dari Puskesmas Kronjo, Puskesmas Kemiri, Puskesmas Mekar Baru, Puskesmas Kresek, dan Puskesmas Gunung Kaler.
Para kader tersebut utamanya dilatih untuk setiap orangnya bisa mendeteksi dan mencari 20-30 penderita TB agar mau memeriksakan kesehatannya di puskesmas. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan TB mengingat penyakit TB ini mudah menular.
Jika sudah dilakukan pemeriksaan diharapkan puskesmas pun dapat melakukan langkah-langkah yang diperlukan agar penularan TB dapat dieliminasi di lingkungan tempat tinggal penderita. “Sekaligus pemberian obat secara teratur bagi pasien TB agar bisa sembuh,” ujarnya.
Diinformasikan Tuberkulosis (TB) yang juga dikenal dengan singkatan TBC adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh Basil Mycobacterium Tuberculosis.
Penyakit ini ditularkan dari penderita TB aktif yang batuk dan mengeluarkan titik-titik kecil air liur dan terinhalasi oleh orang sehat yang tidak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.
TB termasuk dalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia. Data WHO menunjukkan bahwa pada tahun 2015, Indonesia termasuk dalam 6 besar negara dengan kasus baru TB terbanyak.