Dinkes Gelar Pemberian Obat Pencegahan Massal Kecacingan

TIGARAKSA – Mencegah Penyakit Kecacingan, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang sejak Agustus telah melaksanakan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan.
Kegiatan dilaksanakan Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ini diawali yaitu 1 Agustus 2018 di wilayah kerja Puskesmas Pasarkemis yaitu di SDS Tunas Harapan Bumi Indah dan TK Al-Anshor, serta di wilayah kerja Puskesmas Legok.
“Di hari selanjutnya yaitu pada hari keduanya tanggal 2 Agustus 2018 dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Sepatan dan Sepatan Timur,” ungkap H Rachmat, Pemegang Program POPM pada Dinkes Kabupaten Tangerang, Kamis (2/8/2018).
Dijelaskan program ini merupakan program baru di tahun 2018 untuk pemberian Obat Kecacingan. Tujuannya untuk dapat menurunkan Angka Prevalensi Kecacingan dengan sasaran Anak Balita (1-4 tahun), Usia Prasekolah (5-6 tahun) dan Anak Usia Sekolah Dasar (7-12 tahun) hingga mencapai 10%.
Adapun pelaksanaannya dilakukan secara bertahap. Jika kegiatan ini dapat tercapai maka pencapaian pemberian obat Pencegahan Massal Kecacingan minimal sudah dapat mencapai 75%.
Sesuai agenda, Program POPM Kecacingan akan dilaksanakan sejak awal Agustus hingga September akhir.
Diakui untuk pelaksanaan kegiatan ini cukup berat, bila tidak mendapat bantuan dan dukungan semua pihak, terutama para orangtua, guru dan masyarakat, mengingat keterbatasan tenaga petugas puskesmas yang telah mempunyai beban tugas pokok memberi pelayanan kesehatan di puskesmas yang semakin padat.
Oleh karena itu, diharapkan seluruh elemen masyarakat dan pihak terkait bisa membantu pelaksanaan dan pencapaian program ini, agar wilayah Kabupaten Tangerang bisa bebas dari Penyakit Kecacingan.