500 Warga Ikuti Senam Kolosal Prolanis di Lapangan Tigaraksa

TIGARAKSA – BPJS Kesehatan Tangerang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Senam Sehat Kolosal Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Lapangan GSG, Ibukota Tigaraksa, Sabtu (28/7/2018).
Kegiatan diikuti sedikitnya 500 orang ini merupakan program promotif-preventif yang dilaksanakan BPJS Kesehatan Tangerang sekaligus mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi MARS,  mengatakan Prolanis bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal. Penyakit kronis yang dimaksud adalah diabetes melitus (DM) tipe 2 dan hipertensi.
“Di Kabupaten Tangerang melalui 44 puskesmasnya telah menjalankan Program Prolanis secara rutin. Para pengidap penyakit DM dan Hipertensi dicek kesehatannya secara rutin dan diberikan pembinaan, disertai pula kegiatan senam sehat,” ungkapnya.
Diinformasikan dalam kegiatan senam sehat kolosal tersebut juga diselenggarakan pemeriksaan kesehatan dan lomba yel-yel bagi para peserta.
Kegiatan Prolanis digalakkan BPJS Kesehatan karena penyakit kronis seperti DM dan Hipertensi tergolong penyakit yang menyedot biaya pengobatan paling besar.