Kedaung Barat Terjunkan 16 Petugas Data PIS-PK

SEPATAN TIMUR – Sedikitnya 16 petugas Puskesmas Kedaung Barat di Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, diterjunakan melakukan pendataan kesehatan keluarga masyarakat dalam Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).
Kegiatan pendataan ini sebagai lanjutan pelaksanaan program yang sama yang telah dilaksanakan di tahun sebelumnya yang nelibatkan ribuan keluarga di desa-desa binaan Puskesmas Kedaung Barat.
R Tati Haryati, Kepala Puskesmas Kedaung Barat, Selasa (10/7/2018), mengatakan ada 26.213 KK yang didata melalui program ini. Jumlah ini diambil dari 8 desa, yaitu Desa Gempol Sari, Desa Jati Mulya, Desa Kampung Kelor, Desa Kedaung Barat, Desa Lebak Wangi, Desa Pondok Kelor, Desa Sangiang, dan Desa Tanah Merah.
“Pendataan PIS-PK di wilayah kami sudah dilakukan sejak tahun lalu, namun masih ada yang belum didata karenanya di tahun ini dilanjutkan pendataannya,” katanya.
Sebanyak 16 petugas Puskesmas Kedaung Barat bahu-membahu bergantian melaksanakan kegiatan pendataan ini. Dalam kegiatan pendataan ke rumah-rumah warga tersebut dilakukan juga pemeriksaan tekanan darah bagi warga yang berumur di atas 15 tahun dan wawancara terkait 12 indikator kesehatan keluarga.
Dia berharap pendataan kesehatan warga ini dapat selesai di tahun ini dan langsung diinput melalui aplikasi ke Kementerian Kesehatan RI sehingga dapat dirumuskan kebijakan program kesehatan yang tepat sesuai dengan data-data yang diperoleh.