Masyarakat Rasakan Manfaat Poli TB Paru Puskesmas Jl Emas

KELAPA DUA – Keberadaan Poli TB Paru Puskesmas Jl Emas di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam melakukan pengobatan.
Meskipun pelayanan pengobatannya hanya bisa dilaksanakan dalam 2 hari layanan dalam sepekan, yaitu Selasa dan Rabu. Ini disebabkan keterbatasan petugas laboratorium di puskesmas itu.
Wawan Setiawan Amd Kep, Pemegang Program TB Paru Puskesmas Jalan Emas, Kamis (5/7/2018), menjelaskan di tahun ini pasien TB Paru yang berobat di puskesmasnya sebanyak 39 orang. Mereka masuk dalam kategori I yaitu pasien baru, ketagori II yaitu pasien kambuhan, dan kategori III yaitu pasien anak di bawah 12 tahun. 
“Di bulan ini terdapat 4 pasien telah dinyatakan sembuh karena melakukan pengobatan dan minum obat secara teratur,” ungkapnya. Sedangkan sisanya sebanyak 35 pasien masih dalam pengobatan.
Diakui petugas Puskesmas Jl Emas pun telah memprogram kunjungan rumah pasien. Ini dilakukan di antaranya bila pasien tidak datang melakukan pengambilan obat. Maka petugas melakukan kunjungan rumah untuk melakukan pemeriksaan dan pemberian obatnya.
Berdasar data, papar Wawan Setiawan Amd Kep, beberapa pasien yang tak datang berobat ke puskesmas setelah dikunjungi disebabkan dirinya sakit.
Sementara dr Yasmina Ediani, Kepala Puskesmas Jl Emas, mengakui sampai kemarin pihak puskesmas masih memanfaatkan jasa orang untuk bertugas sebagai petugas laboratorium. “Kita belum memiliki petugas sendiri sehingga waktu tugasnya masih terbatas harinya.”
Terkait itu, pihaknya sudah mengajukan petugas laboratorium untuk Puskesmas Jl Emas ke Dinkes Kabupaten Tangerang.
Mudah-mudahan di tahun ini sudah ada petugas laboratorium yang dikirim untuk bertugas di Puskesmas Jl Emas, pungkas dr Yasmina Ediani.