Diprogram Pekan Makan Bersama Bumil Tingkatkan Gizi

JAMBE – Meningkatkan gizi para ibu hamil di Desa Daru, Petugas Puskesmas Jambe menggelar kegiatan pembinaannya bersama Kader Asuh Masa Emas (Keramas) bertempat di rumah pengurus kader Keramas, Senin (2/7/2018). 
Para ibu hamil dalam pembinaan ini diberikan pengetahuan tentang status gizi, kesehatan selama masa hamil, dan kesehatan janin selama dalam kandungan.
Sontak kegiatan yang melibatkan 20 ibu hamil dan membuka tanya-jawab menjadi meriah dengan terjadinya diskusi seputar materi yang disampaikan petugas kesehatan.
Kepala Puskesmas Jambe, dr R Astrid Heraline, menjelaskan kegiatan ini sengaja dilakukan pihaknya sebagai sarana pemberian pengetahuan tentang status gizi ibu dan bayi di kandungnya selama kehamilan.
“Kolaborasi petugas gizi bersama kader keramas sangat bermanfaat bagi para ibu hamil dalam meningatkan status gizi dan derajat kesehatan mereka. Di antaranya diajari cara memasak makanan yang bergizi selama kehamilan,” katanya.
Program ini sesuai rencana akan rutin dilaksanakan di setiap Senin selama 6 bulan di tahun 2018. Hari Senin tanggal 2 Juli ini adalah yang pertama program ini dilaksanakan.
Pengetahuan yang diberikan di antaranya memasak sesuai menu bergizi yang telah diberikan petugas gizi dan diakhiri dengan makan bersama para ibu hamil.
“Cara ini akan memberi kesan maksimal untuk memberi rangsangan para ibu hamil memasak dengan pola makan yang memiliki gizi seimbang untuk kesehatan dirinya dan pertumbuhan bayi semasa kehamilan,” ungkap dr R Astrid Heraline.
Kegiatan kali pertama ini dikuti 20 ibu hamil bersama kader keramas. Diharapkan pada kegiatan berikutnya jumlah pesertanya bisa bertambah.
“Kegiatan ini salah-satunya bertujuan untuk menekan kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir di wilayah Kecamatan Jambe,” pungkas dr R Astrid Heraline.