Sekda Terima-kasih Jajaran Dinkes Ikut Sukseskan Pemilukada

TIGARAKSA – Sekda Kabupaten Tangerang mengucapkan terima-kasih pemerintah daerah kepada jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang yang telah membantu menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Tangerang yang berlangsung Rabu  (27/6/2018).
Ucapan itu disampaikan Sekda H Rudi Maesal Rasyid saat memberikan sambutan Kegiatan Hari Lansia Nasional di Gedung Serba Guna (GSG) Tigaraksa, Kamis (28/6/2018).
Sekda salut pada jajaran dinkes karena jajaran dinas ini telah  mengerahkan para petugas kesehatan dari puskesmas-puskesmas dengan berkendaraan mobil ambulance berkeliling ke hampir seluruh tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pemilukada Kabupaten Tangerang.
Para petugas itu siap melayani masyarakat yang mengeluhkan kurang sehat di TPS-TPS yang ada,” katanya ke hadapan hadirin acara itu.  Alhamdulillah berkat kesiap-siagaan petugas kesehatan ini akhirnya pelaksanaan pemilukada pun berlangsung sukses.
Secara meluas, sekda pun menyatakan rasa puasnya pada kinerja puskesmas-puskesmas di seluruh wilayah karena telah berhasil memberi layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat di wilayah binaannya masing-masing.
Kini, pada pelaksanaan Kegiatan Senam Massal di Hari Lansia Nasional yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Pemkab Tangerang di Tigaraksa, para petugas kesehatan pun turut-serta aktif bersiap-siaga dengan kendaraan ambulan mem-backup kegiatan massal.
Sementara dr Dedi Permana, Petugas SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) pada Dinkes Kabupaten Tangerang, mengakui kegiatan mobil para petugas kesehatan memang selalu dilibatkan dalam banyak kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat, semisal pelaksanaan pemilukada atau senam massal.
“Kesiap-siagaan petugas untuk menjaga kondisi kesehatan para peserta acara, baik kegiatan senam hari ini, maupun pelaksanaan upacara atau pelaksanaan pemilukada,” paparnya.
Adapun penanganan penyakit pada acara-acara serupa itu biasanya adalah pasien pusing, kambuh sakit magh, persendian lemas, kelelahan, sesak nafas, tekanan darah tinggi, dan beberapa penyait lainnya.
“Oleh karena itu dalam setiap ambulan yang disiagakan selalu dilengkapi peralatan kesehatan dan obat-obatan yang cukup,” katanya.
Namun harus diketahui para petugas mobil itu hanya bisa memberikan pertolongan pertama saja. Bila ada yang harus mendapat penanganan khusus, “maka akan kami rujuk ke rumah sakit,” pungkas dr Dedi Permana.