Warga 2 Kampung di Pakuhaji Telah Nikmati Air Bersih

PAKUHAJI – Sebanyak 2 desa di wilayah kerja Puskesmas Sukawali mendapatkan Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), berupa pembangunan sarana air bersih sumur dalam dengan torent air.
Ratusan warga di Kampung Cituis, Desa Sukawali dan Kampung Rawa Saban, Desa Surya Bahari, keduanya di Kecamatan Pakuhaji, kini sudah bisa menikmati air bersih hasil program tersebut.
Kepala Puskesmas Sukawali, dr Linda Fatmawati, Selasa (26/6/2018), bersyukur dengan adanya program ini sehingga masyarakat dua desa itu dapat menikmati air bersih, yang diharapkan akan mampu meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) warga.
Ditambahkan dr Jayadi, Pemegang Program Kesehatan Lingkungan (Kesling) Puskesmas Sukawali, program PAMSIMAS itu mulai dibangun tahun 2017 dan di tahun 2018 sudah bisa digunakan warga.
Program ini dikoordinasikan kelompok keswadayaan masyarakat (KKM) yang ada di masing-masing desa untuk pemanfaatannya melalui jaringan perpipaan yang disalurkan ke rumah-rumah warga.
“Dua PAMSIMAS itu sudah terbangun dan sudah teralirkan ke rumah masyarakat. Kualitas air yang dihasilkannya layak pakai,” tambahnya.
Dengan adanya program PAMSIMAS diharapkan warga dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.