Program IUAWASH Plus Digulirkan di Serdang Kulon

PANONGAN – Sukses mengembangkan perubahan perilaku PHBS masyarakatnya, Desa Serdang Kulon di Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, mendapat perhatian USAID (United States Agency for International Development) Indonesia. 
Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) di Indonesia ini siap menggelar Program IUAWASH Plus (Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene = Penyehatan Lingkungan Untuk Semua) di desa ini.
Program ini merupakan sebuah inisiatif untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses air minum dan layanan sanitasi, serta perbaikan perilaku higiene bagi masyarakat miskin dan kelompok rentan di perkotaan.
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Ni Wayan Manik K MKK, Selasa (26/6/2018), mengaku senang dengan digelontorkannya Program IUAWASH Plus di Desa Serdang Kulon.
Dituturkannya dalam mewujudkan program merubah perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat sangatlah tidak mudah, sebab itu harus mendapat dukungan semua unsur dan masyarakat itu sendiri.
Untuk wilayah Desa Serdang Kulon, terutama Kampung Cibango, memang terkategori hebat tekad masyarakatnya untuk merubah perilaku kurang sanitasi ke perilaku PHBS, ungkap dr Ni Wayan Manik K MKK.
Awalnya masyarakat kampung itu tidak memahami PHBS. Masyarakat di sana, waktu itu,  tidak memiliki jamban sehat, hampir rata-rata setiap rumah BAB dengan menggunakan WC Cubluk.
Setelah dilakukan pembinaan PHBS, masyarakatnya mau memahaminya, sehingga kerja-sama yang baik dalam pembinaan pun terwujudkan dengan baik pula.
Kini masyarakat Kampung Cibango dan Desa Serdang Kulon telah memiliki kelompok swadaya masyarakat yang membantu membangunkan jamban sehat keluarga (JSK). Mereka mulai membuatkan 28 JSK dari Program Serasi dan dilanjutkan dengan mengadakan arisan jamban.
“Khusus arisan jamban, awalnya hanya untuk 5 KK, terus berkembang kini sudah mencapai 40 KK. Ini menunjukan perubahan perilaku yang sangat baik…” puji dr Ni Wayan Manik K MKK.
Bahkan jajaran Dinkes Kabupaten Tangerang pun berbangga hati karena perubahan masyarakat di desa itu kini menjadi dikenal luas sebagai contoh baik, bukan hanya di Provinsi Banten saja, tetapi sudah ke tingkat nasional.
Terdapat daerah di Nusantara datang berkunjung ke Desa Serdang Kulon untuk studi banding. Semisal dari Pemda Bulele Bali, Kota Padang dan beberapa daerah lain.
Catatan, berkat keberhasilan mengembangkan perilaku PHBS, Desa Serdang Kulon pun telah berulangkali meraih gelar juara dalam lomba bidang terkait PHBS, di antaranya: Juara I Lomba Kebersihan Tingkat Kecamatan Panongan Tahun 2014, Juara 1 Gerakan Sayang Ibu Tingkat Kecamatan Panongan Tahun 2014, lalu berjenjang meraih Juara Gerakan Sayang Ibu Tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2014, Juara Gerakan Sayang Ibu Tingkat Provinsi Banten Tahun 2014.
Kemudian, Juara 1 Lomba KTS Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2014, Juara 1 Lomba PHBS Tingkat Kabupaten Tangerang 2014, Juara 1 Lomba KTS Tingkat Provinsi Banten Tahun 2016, dan Juara 1 Lomba PHBS Tingkat Provinsi Banten Tahun 2016.