PONED Kedaung Barat Sebulan Layani 60 Ibu Melahirkan

SEPATAN TIMUR – Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) di Puskesmas Kedaung Barat semakin maksimal dengan adanya gedung khusus PONED ang dilengkapi sejumlah fasilitasnya.
R Tati Haryati SKM MSi, Kepala Puskesmas Kedaung Barat, Selasa (26/6/2018), mengatakan gedung khusus PONED di Puskesmas Kedaung Barat itu dibangun di sebelah kanan gedung puskesmas dengan luas 17 meter x 12 meter.
“Gedung khusus PONED itu dibangun sejak 2016 dan layanan bidan siaga 24 jam pun kini menjadi semakin baik,” katanya. Sedikitnya ada 14 tenaga bidan dan 2 dokter yang bertugas di Puskesmas Kedaung Barat.
Di dalamnya terdapat Ruang IGD Maternal dengan 1 tempat tidur, Ruang Bersalin dengan 1 tempat tidur, dan Ruang Nifas dengan 3 tempat tidur. Sejumlah peralatan pun tersedia seperti tabung oksigen, rekam jantung, tensi-meter, d.l.l.
Diinformasikan data diperoleh jumlah pasien PONED di Puskesmas Kedaung Barat rata-rata per bulannya 55-60 orang dengan rincian proses persalinan normal rata-rata 20-25 orang dan yang dirujuk rata-rata 30 orang per bulan.
Diharapkan ke depan pelayanan PONED di Puskesmas Kedaung Barat dapat semakin baik dan dapat menyukseskan gerakan penyelamatan ibu hamil dan bayi baru lahir di Kabupaten Tangerang.