Lebaran, 22 Ibu Melahirkan Dilayani PONED Cikuya

SOLEAR – Layanan persalinan di PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Esensial Dasar) Puskesmas Cikuya memberi berkah Allah SWT bagi 22 ibu melahirkan di saat Lebaran.
Terinci sebanyak 17 ibu melahirkan dilayani di PONED Puskesmas Cikuya karena berstatus kelahiran normal. Sementara persalinan 5 ibu malahirkan lainnya dirujuk ke RSU Balaraja karena 3 ibu melahirkan terdiagnosa PEB dan 2 lainnya terdiagnosa KPD, sehingga perlu mendapat tindakan medis lebih lanjut di RSU Balaraja.
Proses perujukan pun ditunaikan PONED Puksesmas Cikuya dengan mengantar pasien sampai ke RSU Balaraja dengan mobil ambulance dan dimasukan dalam Program SIJARI EMAS (Sistem Informasi Jejaring Rujukan Expanding Maternal And New Born Survival).
Saari Priyadi SKM, Kepala Puskesmas Cikuya, Selasa (26/6/2018), mengakui selama 8 hari masa libur dan cuti Lebaran, para petugas puskesmas tetap memberi layanan, kecuali pada tanggal merah 15-17 Juni.
“Namun khusus untuk pelayanan PONED tidak ada libur Lebaran, layanan tetap buka…” ungkapnya. Layanan inilah yang memberi berkah Allah bagi 22 ibu melahirkan yang akhirnya mendapatkan layanan terbaiknya.
Lebih jauh disampaikan untuk layanan rawat-jalan selama libur Lebaran berkurang. Namun pasca Lebaran pelayanan meningkat kembali, dengan layanan per hari mencapai rata-rata 200 pasien yang datang berkunjung.
“Terima-kasih atas kepercayaan masyarakat kepada Puskesmas Cikuya,” kata Saari Priyadi SKM.
Dengan kepercayaan ini, jajaran puskesmas siap meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat untuk menjadi lebih baik lagi.