Libur Lebaran, PONED Pasir Nangka Layani 8 Pasien Kelahiran

TIGARAKSA – Sebanyak 8 layanan kelahiran bayi diberikan PONED (Pelayanan Obstetri Neonatus Esensial Dasar) Puskesmas Pasir Nangka yang beroperasi 24 jam di saat libur dan cuti bersama Lebaran.
Terinci 4 layanan kelahiran bayi yang datang ke PONED, setelah didianosis harus segera dirujuk ke RSUD Balaraja. Mereka adalah: (1) Ny Risma Umami, 34 tahun, warga Cogreg, Desa Pasir Bolang, yang datang tanggal 15 Juni dengan diagnosis  Betas SC.
(2)  Ny Eisa, usia 23 tahun, warga Kampung Gudang, Desa Pasir Nangka, datang tanggal 17 Juni, didiagnosis Partus Tak maju. (3) Ny Siti Nurseha, usia 21 tahun,  warga Picung Desa Pematang, yang datang 18 Juni didiagnosis KPD; (4) Ny Mira, usia 21 tahun, warga Cisereh, yang datang 20 Juni didiagnosa KPD.
“Keempat pasien ini langsung mendapat penanganan di Rumah Sakit Umum Balaraja,” kata H Imam Bahlawi, Kepala Puskesmas Pasir Nangka, Senin (25/6). Tindakan ini dilakukan karena penanganannya tidak bisa dilakukan di PONED Pasir Nangka.
Sementara 4 kelahiran bayi lainnya yang bersifat normal langsung ditangani jajaran petugas PONED Pasir Nangka, tambahnya.
Yang pasti, diakui H Imam Bahlawi, dirinya senang bisa membantu persalinan warga di saat libur Lebaran, yang juga memberi bukti adanya kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap layanan PONED Puskesmas Pasir Nangka.
“Mudah-mudahan ini memotivasi seluruh masyarakat untuk melaksanakan kelahiran bayi mereka di PONED Puskesmas Pasir Nangka,” pungkasnya.