Dibuka Posko Kesehatan di 12 Posko Mudik Lebaran

TIGARAKSA – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bekerja-sama Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang serta Polresta Metro Tangerang dan Tangsel membuka Posko Mudik Lebaran  Tahun 2018 di 12 titik lokasi.
Ke-12 posko itu adalah Posko AEON, Posko Summarecon, Posko Pertigaan Bitung, Posko Gerbang Citra Raya/Marfigrass, Posko Tol Balaraja Barat, Posko Pertigaan Jayanti, Posko Jalan Raya Kuta Bumi, Posko Tanjung Kait (depan Vihara Mauk), Posko Pantai Tanjung Pasir, Posko Pulau Cangkir Keronjo, Posko Telaga Bertari, dan Posko Rest Area Tol Tangerang Merak Km 43.
Pembentukan ke-12 titik posko itu sendiri, ditetapkan berdasarkan hasil rapat bersama yang digelar Senin (28/5/2018) di Ruang Parakan, Gedung Setda Kabupaten Tangerang.
Ana Riana S.Kep, Koordinator Kegiatan Posko Mudik Lebaran pada Dinkes Kabupaten Tangerang, menjelaskan dalam kegiatan di posko mudik lebaran para petugas puskesmas telah mendapat jadwal tugas untuk bertugas bersama petugas gabungan di posko tersebut.
Jadwal tugas dilaksanakan mulai tanggal 8 Juni-23 Juni. Ditetapkan tiga kategori tugas, yaitu tugas menjelang Lebaran (Kategori I: 8-13 Juni), saat Lebaran (Kategori II: 14-17 Juni), dan pasca Lebaran (Kategori III: 18-23 Juni).  
Untuk kategori I dan III, petugas kesehatan yang  bertugas dibagi dalam 2 shift yaitu shift 1 bertugas pukul 08.00-14.00 dan shift 2 bertugas pukul 14.00-20.00. Sementara pembagian tugas di kategori II, pembagian petugas bekerja menjadi 3 shift, yaitu shift 1 bertugas pukul 08.00-14.00, shift 2 pukul 14.00-20.00, dan shift 3 pukul 20.00-08.00. 
 
JADWAL POSKO
Adapun petugas puskesmas yang siap bertugas, s.b.b: (1) Posko AEON adalah petugas dari Puskesmas Cisauk, Caringin, Bojong Kamal, dan Suradita; (2) Posko Summarecon adalah petugas Puskesmas Legok, Bojong Nangka, dan Pagedangan; (3) Posko Pertigaan Bitung adalah petugas dari Puskesmas Jl Kutai, Jl Emas, dan Kelapa Dua; (4) Posko Gerbang Citra Raya adalah petugas Puskesmas Jambe, Panongan, dan Binong.
(5) Posko Tol Balaraja adalah petugas Puskesmas Tigaraksa, Pasir Nangka, dan Gunung Kaler; (6) Posko Pertigaan Jayanti adalah petugas Puskesmas Sukamulya, Jayanti, dan Cikuya; (7) Posko Jl Raya Kutabumi adalah petugas Puskesmas Rajeg dan Kuta Bumi; (8) Posko Tanjung Kait adalah petugas Puskesmas Kedaung Barat, Sukadiri, Pakuhaji, dan Sukawali.
(9) Posko Pantai Tanjung Pasir adalah petugas Puskesmas Salembaran Jaya, Tegal Angus, Teluknaga, dan Kosambi; (10) Posko Pulau Cangkir adalah petugas Puskesmas Kemeri, Sukatani, dan Mekar Baru; (11) Posko Telaga Betari adalah petugas Puskesmas Pasir Jaya, Cikupa, dan Sindang Jaya; (12) Posko Rest Area Tol Tangerang–Merak adalah petugas Puskesmas Cisoka, Gembong, Balaraja, dan MMS.
Dipaparkan Ana Riana S.Kep, masing-masing puskesmas yang petugasnya bekerja di posko mudik lebaran dipersiapkan melengkapi peralatan kesehatan.
Untuk koordinator kesehatan di tiap-tiap posko pun sudah ditentukan, termasuk menyiagakan puskesmas rawat-inap tetap berjaga 24 jam, semisal Puskesmas Balaraja, Puskesmas Kronjo, Puskesmas Mauk, Puskesmas Curug, Puskesmas Sepatan, Puskesmas Kresek dan Puskesmas Cisoka.
“Puskesmas-puskesmas ini siap menerima pelayanan kegawat-daruratan yang terjadi,” ungkapnya.
 
JAGA KESEHATAN
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Desiriana Dinardianti MARS, berpesan meskipun pihaknya bersama tim gabungan telah menyediakan posko mudik yang di dalamnya terdapat posko kesehatan, sebaiknya para pemudik dalam perjalanan menjaga kesehatannya terlebih dahulu sebelum keberangkatan.
“Persiapkan obat-obatan pribadi agar tidak kehabisan di perjalanan,” katanya. Lalu, manfaatkan posko kesehatan yang dilintasi untuk melakukan cek kesehatan, ini dianjurkan bagi pemudik berkendara roda 4 maupun pemudik berkendara roda 2.
“Berstirahatlah secukupnya bila sudah lelah. Sempatkan beristirahat agar tubuh bisa fresh kembali…”pungkas dr Desiriana Dinardianti MARS.