Petugas Puskesmas Jl Kutai Data Kesehatan Sehabis Taraweh

KELAPA DUA – Para Petugas Puskesmas Jalan Kutai di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, patut diacungi jempol dalam melaksanakan tugas pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) selama Ramadhan.
Para petugas ini ternyata rela melaksanakan pendataan bukan hanya di jam kerja saja, mereka juga melakukan pendataan kesehatan masyarakat  dari rumah ke rumah di hari libur, bahkan setelah usai Sholat Taraweh.
Ninik, Pemegang Program PIS-PK Puskesmas Jalan Kutai, Jumat (25/5/2018), mengakui memang agak sulit melakukan pendataan PIS-PK bila hanya dilaksanakan di saat jam kerja.“Sebab itu, kita harus melakukan pendataan di banyak waktu yang tepat untuk mendapatkan data yang tepat pula.”
Saat pendataan kesehatan masyarakat, ungkap Ninik, sebaiknya bisa dilakukan dengan bertemu langsung orang bersangkutan dan langsung melakukan  pemeriksaan kesehatannya.
Sulitnya, rata-rata warga di wilayah kerja Puskesmas Jalan Kutai sebagian besarnya adalah para pekerja dan karyawan swasta, sehingga tidak bisa ditemui pada saat jam kerja karena mereka sedang bekerja.
“Untuk itu kami sepakat bersama tim yang sudah mendapat pelatihan dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten dalam pendataan, pendataan PIS-PK bisa dilakukan saat jam kerja maupun di luar jam kerja,” ungkapnya.
Sementara dr Hj Tri Retno Wulandari, Kepala Puskesmas Jalan Kutai, menjelaskan pendataan PIS-PK di wilayah kerjanya mencakup warga di perumahan-perumahan baru yang sebagian besarnya adalah pekerja dan karyawan swasta, termasuk pimpinan perusahaan swasta. “Jumlah sasarannya mencapai 3.200 KK.”
Pendataan sudah dilaksanakan sejak April 2018, dimulai dari wilayah perkampungan, dilanjutkan ke wilayah Perumahan Harapan Kita, dan berlanjut ke Perumahan Setneg. Sedangkan pendataan di Perumahan Lippo Karawaci menyusul.
Diharapkan dr Hj Tri Retno Wulandari, semua keluarga di wilayah kerja puskesmasnya dapat terdata profil kesehatannya, sehingga di tahun selanjutnya bisa dilakukan followup-nya menuju keluarga sehat.