Seksi KLKKO Data Kualitas Air di Permukiman Masyarakat

TIGARAKSA – Mendata kualitas air di permukiman masyarakat, Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga (KLKKO) pada Dinkes Kabupaten Tangerang melakukan pengambilan sampel air sumur dan air pipa yang ada di lingkungan masyarakat.
Sri Indriastuti SKM M.Kes, Kepala Seksi KLKKO, Selasa (22/5/2018), mengutarakan pelaksanaan pemeriksaan sempel air sejak awal Mei tahun ini dilakukan dengan mengambil air di lingkungan permukiman masyarakat yang biasa digunakan di keseharian.
“Sampel yang diambil, baik itu air yang bersumber dari sumur maupun PAM yang menggunakan perpipaan,” katanya.
Dikatakan ada sebanyak 150 sempel air yang diambil dari semua wilayah puskesmas yang ada di Kabupaten Tangerang. Selanjutnya sampel air diperiksa di laboratorium Lakesda Kabupaten Tangerang untuk didata kualitas air yang digunakan masyarakat.
Dengan data ini, selanjutnya dapat dilakukan edukasi dan treatmen kepada masyarakat, dengan harapan air yang digunakan selanjutnya diusahakan dapat memenuhi syarat kesehatan. Namun bila terdata air sampel tidak memenuhi persyaratan kesehatan, maka akan dicari penyebabnya dan diupayakan peningkatan kualitasnya.
Semisal masyarakat akan diinformasikan cara-cara peningkatan kualitas air yang digunakan mereka di kesehariannya, dengan airnya harus diendapkan terlebih dahulu sebelum digunakan, atau mungkin saja diberikan tawas, atau diberikan pembersih air lainnya.
Selain itu, papar Sri Indriastuti SKM M.Kes, pihaknya juga sedang melakukan pemeriksaan kualitas air pada sekolah-sekolah yang sudah menggunakan sanisek. Saat ini sedang dilakukan pengambilan sampel air di 125 SD dan SMP.
Juga telah pula dilakukan pemeriksaan pada 10 kolam renang yang ada di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Tangerang untuk mengetahui kualitas air kolam renang tersebut dengan peralatan mobile.
“Untuk saat ini, berdasar pemeriksaan kualitas air kolam renang yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang memiliki kualitas yang cukup baik, sehingga aman untuk digunakan,” pungkasnya.