Digelar Workshop Tingkatkan Cakupan Pencegahan PTM

TIGARAKSA – Seksi Pencegahan, Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa pada Dinkes Kabupaten Tangerang menggelar Workshop Posbindu PTM bagi Tenaga Kesehatan.
Workshop diikuti Koordinator Petugas PTM Puskesmas se- Kabupaten Tangerang di Aula Kantor Dinkes Kabupaten Tanerang, Jumat (18/5/2018). Tujuan workshop untuk meningkatkan cakupan program pencegahan penyakit tidak menular.
Tampil narasumber  dr Tri Bowo T Ginting SPKJ membawa materi Konseling UBM  (Upaya Berhenti Merokok), dr Faturohim membawa materi Faktor Resiko PTM, Balqis Heilidah dari No Tibacco Community membawa materi Pelaksanaan Survey Rokok Masyarakat Dengan Jumlah 220 Orang.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Desiriana Dinardianti MARS, berharap para peserta workshop selanjutnya bisa turut mengembangkan informasi pencegahan bahaya PTM kepada masyarakat. “Sebab itu, kegiatan ini harus diikuti dengan sebaik-baiknya.”
Bila ada yang kurang dimengerti, papar Kadis Kesehatan Kabupaten Tangerang saat pembukaan, “silakan langsung ditanyakan kepada narasumbernya sehingga diperoleh pemahaman yang benar…”
Sementara Muchamad Bachtiar SKM, Kepala Seksi Pencegahan & Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, mengakui Penyakit Tidak Menular (PTM) sampai saat ini masih kurang disadari keberadaannya oleh masyarakat, termasuk faktor resiko yang akan ditimbulkannya.
Akibatnya masih banyak masyarakat yang kurang peduli dalam pencegahannya. “Namun setelah merasakan sakit, baru mereka menyadari dan berusaha mengobatinya.”
Terkadang ada juga sebagian masyarakat sudah mengetahui dan memahami akibat PTM, namun tetap kurang dipedulikannya. Semisal bahaya merokok, d.l.l.
Semoga saja, harap Muchamad Bachtiar SKM, dari kegiatan ini para peserta dapat menindaklanjutinya dengan mau menyampaikan materi yang telah diberikan kepada masyarakat untuk pencegahan terkena PTM.