Aplikasi Sijamjam Mudahkan Laporan Kegiatan Puskesmas

KELAPA DUA – Petugas pelaporan kegiatan di puskesmas-puskesmas menyambut positif penerapan Sistem Informasi Kesehatan dan Jaminan Persalinan (Sijamjam) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.
Dengan program ini, pelaporan kegiatan di puskesmas-puskesmas menjadi efektif, efisien, dan memudahkan, karena cukup di-upload ke Sijamjam, yaitu sistem pelaporan yang memang memanfaatkan jaringan internet.
Bila sebelumnya di setiap bulannya para petugas pelaporan kegiatan puskesmas harus sibuk membuat berkas laporan dan bolak-balik dibawa ke kantor dinas kesehatan, kini cukup laporan yang ada di-upload  di puskesmas ke dalam aplikasi Sijamjam.
Endang Sri Rahayu S.Kep, Petugas Puskesmas Bojong Nangka, yang memegang program pelayan JKN, Jampersal, dan KIS, Kamis (24/5/2018), mengakui di setiap harinya dirinya berkewajiban membuat laporan dari semua pelaksanaan program-program di atas.
Padahal dalam seharinya saja,  puskesmas bisa memberikan layanan pasien JKN saja mencapai 80-100 orang, di antaranya kunjungan konsultasi, kunjungan sakit, dan kunjungan rujukan. Layanan program Jampersal setiap harinya bisa 20-25 orang, berupa layanan pemeriksaan kesehatan, persalinan maupun rujukan.
Selanjutnya laporan harian itu direkab untuk dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang di setiap bulannya. Ini membutuhkan waktu dalam proses dan pengerjaannya.
“Dengan adanya Sijamjam, kini kewajiban menyampaikan laporan program-program pelaksanaan tugas puskesmas bisa menjadi lebih efisensi dalam waktu, tenaga dan biayanya,” ungkapnya.
“Karena kita bisa langsung meng-antry data ke Sijamjam, tidak harus mondar-mandir ke kantor dinas kesehatan,” tambah Endang Sri Rahayu S.Kep yang tercatat sebagai Perawat Teladan Tingkat Kabupaten Tangerang