Adityar Rahmana, Petugas Kesling Teladan Banten

PANONGAN – Adityar Rahmana ST, Petugas Pemegang Program Kesehatan Lingkungan  dan DBD pada Puskesmas Panongan, Kabupaten Tangerang, terpilih sebagai Tenaga Kesehatan Lingkungan (Kesling) Teladan Tingkat Provinsi Banten.
Petugas ini dinilai berhasil membantu masyarakat membangun sarana sanitasi WC berseptic-tank dengan cara membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bina Hidup Sejahtera dengan program unggulan Kasur (Kredit Air dan Sanitasi Untuk Rakyat).
Melalui program ini akhirnya terbangun puluhan WC sehat berseptic-tank bagi rumahtangga masyarakat.
Pada akhirnya pula, berkat kerja ikhlas membantu masyarakat inilah Adityar Rahmana ST terpilih menjadi Tenaga Kesehatan Lingkungan Teladan Tingkat Kabupaten Tangerang, yang berlanjut menempatkan dirinya sebagai Tenaga Kesehatan Lingkungan Teladan Tingkat Provinsi Banten yang hasil lombanya diumumkan 11 Mei 2018.
Adityar Rahmana ST mengakui tugas yang dilaksanakan bertujuan untuk mengangkat derajat kesehatan lingkungan masyarakat. “Saya tidak pernah memikirkan akan ikut dilombakan, bahkan sampai membuahkan hasil menggembirakan…”
Dituturkan sampai kini masih terdapat banyak masyarakat kurang memahami pentingnya sarana sanitasi di lingkungannya. Mereka malah terbiasa dengan BAB sembarangan.
Namun bila mereka mendapat pembinaan dan penyuluhan tentang dampak pencemaran lingkungan yang menyebabkan lingkungan kotor, menyebarkan bau tak sedap, dan berpotensi menyebarkan penyakit, lambat-laun masyarakat pasti mengerti dan memahami arti kesehatan lingkungan.
Inilah yang dilakukannya bersama KSM Bina Hidup Sejahtera dengan program Kasur (Kredit Air dan Sanitasi Untuk Rakyat). Masyarakat yang belum memiliki WC sehat bisa mengajukan permohonan pembuatan WC-nya, lalu KSM akan membangun WC itu dengan modal tersedia dan masyarakat membayar dengan mencicil.
Program Kasur sudah dilaksanakan di Desa Serdang Kulon dan Desa Panongan. Kini disusul di wilayah Kelurahan Mekar Bakti.