Digelar Sosialisasi PIS-PK Bagi Masyarakat Rajeg

RAJEG – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bekerjasama Kemenkes RI dan Anggota Komisi IX DPRRI menggelar sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) kepada masyarakat Rajeg yang dilaksanakan di GOR Persada, Kampung Cambai, RT 03/RW 05 Kelurahan Sukatani, Kecamatan Rajeg.
Acara terkait Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) berlangsung Selasa (8/5/2018) diwarnai penandatanganan kesepakatan bersama pendukungan masyarakat atas program tersebut di atas spanduk. Hadir Anggota Komisi IX DPRRI Dra Hj Siti Masrifah MA, Pejabat Kemenkes RI, Pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dan Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang,
Dra Hj Siti Masrifah MA berharap program PIS-PK bisa berjalan lancar karena bisa membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pendataan dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan petugas secara langsung kepada masyarakat.
Bantu para petugas puskesmas yang turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan keluarga masyarakat. “Silakan jelaskan keluhan penyakit yang diderita selama ini oleh anggota keluarga masing-masing agar benar-benar terdata,” katanya.
Terakit itu, diharapkan masyarakat pun bisa terbuka sehingga pendataan dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pun akurat sebagai tindak-lanjut pencegahan dan pengobatannya.
Sementara Hj Dwi Harti Nugraheni SKM MKM, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, berharap dengan sosialisasi ini masyarakat akan memahami kegiatan pendataan sekaligus pemeriksaan kesehatan yang akan dilaksanakan petugas kesehatan.
“Selanjutnya masyarakat bisa membantu para petugas yang melaksanakan pendataan dan pemeriksaan kesehatan,” katanya.
Hal ini penting karena berdasar pengalaman, selalu saja ada kendala dalam pendataan di lapangan karena sejumlah warga sulit ditemui, sehingga terkadang membutuhkan waktu sampai beberapa hari.
Diharapkan dengan adanya kesadaran masyarakat dan mendapat  bantuan dari aparat desa serta tokoh masyarakat, pelaksanan PIS-PK bisa berjalan lancar dan sukses.