Dinkes Proaktif Sukseskan Pelaksanaan Popda IX Banten

KELAPA DUA – Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang secara proaktif ambil-bagian menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IX Banten yang dipusatkan di wilayah Kabupaten Tangerang, 4-11 Mei 2018.
Dukungan kesuksesan Popda Banten dari dinas ini berupa pemberian layanan kesehatan kepada para atlet dan official yang telah dimulai sejak persiapan Popda, kedatangan para atlet, acara pembukaan yang dilaksanakan di Gedung Sport Center Kelapa Dua, sampai pelaksanaan kegiatan hingga akhir acara.
Sesuai keterangan diperoleh, Popda IX Banten dilaksanakan di beberapa lokasi, di antaranya di Sport Center Kelapa Dua, di wilayah Pagedangan, wilayah Cikupa, wilayah Curug, wilayah Panongan, wilayah Balaraja dan wilayah Tigaraksa. Acara olahraga Banten terbesar ini diikuti lebih 1.000 atlet dari 19 cabang olahraga yang dipertandingkan. 
Gubernur Banten H Wahidin Halim saat membuka acara, berharap dari Popda IX Banten ini dapat dilahirkan atlet-atlet Banten berprestasi sehingga dapat membawa nama baik provinsi di tingkat nasional,  bahkan kalau memungkinkan sampai ke tingkat internasional.
“Apresiasi saya berikan kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang sedang membangun sarana dan prasarana olahraga untuk dapat meningkatkan prestasi para atlet. Semoga dapat dicontoh kabupaten dan kota lainnya…” ucapnya. 
Anna Riana S.Kep, Koordinator Kesehatan Lapangan pada Popda IX Banten, menjelaskan Tim Medis Kabupaten Tangerang telah memberi layanan kesehatan pada acara ini sejak persiapan acara, pelaksanaan latihan atlet, sampai kegiatan pertandingan berlangsung.
“Tim medis diambil dari separuh petugas puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang dan petugas dari RSU Tangerang, RSU Pakuhaji, dan RSU Balaraja,” ungkapnya.
Tim medis berikut mobil ambulance pun disiapkan di tempat para atlet menginap yaitu di Lemo Hotel Kelapa Dua dan Amaris Hotel Citra Raya. Termasuk menyiapkan petugas kesehatan di tiap-tiap arena pertandingan. 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hj Desiriana Dinardianti MARS, mengutarakan jajaran dinas kesehatan telah menyiapkan sejumlah tim medis, yang masing-masing tim medis terdiri dari 1 dokter dan 2 perawat, lengkap dengan peralatan pertololongan pertama dan mobil ambulance.
“Semua ini sesuai permintaan dari Dispora Provinsi Banten untuk membantu para atlet yang membutuhkan bantuan kesehatan…” pungkasnya.