Dinkes-UPH Gelar Workshop Kesehatan Reproduksi & Anemia

TANGERANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Workshop Kesehatan Reproduksi dan Anemia bagi Kader Kesehatan Remaja di Universitas Pelita Harapan (UPH), Lippo Karawaci, Sabtu (21/4/2018).
Kegiatan ini terwujud  berkat kerja-sama dinkes dengan UPH yang memang tergabung dalam Komunitas Remaja Peduli Kesehatan Sebaya (REPLIKA) dari Mahasiswa Fakultas Kedokteran UPH. Narasumber hadir dr Dyana SpOG dan dr Dwi Phd dari UPH, serta mahasiswa Fakultas Kedokteran UPH.
Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Ni Wayan Manik Kusmayoni, mengatakan workshop diikuti perwakilan dari 44 puskesmas se-Kabupaten Tangerang. “Peserta dari 44 puskesmas disertai 5 kader kesehatan remaja didampingi pembinanya.”
Acara yang berlangsung dalam 2 termin ini bertujuan memberikan sosialisasi dan pembekalan kesehatan kepada Kader Kesehatan Remaja supaya nanti dapat menjadi kader motivator di masing-masing sekolah.
“Sementara bagi puskesmas diharapkan ke depan dapat meningkatkan pelayanan sebagai Puskesmas PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja, red),” tambah dr Manik.
Diinformasikan Program PKPR merupakan program dari Kementerian Kesehatan RI untuk melayani kesehatan remaja. Program ini secara resmi telah berjalan sejak tahun 2003. Di tingkat lapangan, PKPR dijalankan oleh puskesmas.
Program PKPR yang dijalankan oleh Puskesmas PKPR sebagai pelayanan konseling kepada remaja yang memerlukan konseling. Program inipun mengharuskan petugas kesehatan melakukan pembinaan pada minimal 1 sekolah (sekolah umum atau sekolah berbasis agama), melakukan KIE dalam 2 kali setahun, dan melatih KKR/konselor sebaya pada sebanyak 10% dari jumlah murid di sekolah binaan.