Dibentuk KP-ASI di Posyandu-posyandu Desa Dangdang

CISAUK – Puskesmas Suradita bekerja-sama lintas sektor Desa Dangdang, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, membentuk Kelompok Pendukung Air Susu Ibu (KP-ASI) di beberapa posyandu yang ada di desa tersebut.
Pembentukan kelompok ini pada awal April disambut positif para peserta karena secara nyata bisa membantu para ibu untuk berhasil melaksanakan pemberian ASI secara optimal, efektif mencakup ASI Ekslusif dan Inisiasi Menyusui Dini (IMDI).
Kepala Puskesmas Suradita, dr Zairin Rambe, Jumat (20/4/2018), menuturkan KP-ASI merupakan kelompok ibu hamil dan  ibu yang memiliki bayi di bawah usia dua tahun untuk saling bertukar-pikiran mengenai berbagai masalah pengasuhan bayi dan anak, secara benar dengan pemberian ASI terbaik.
Dalam kelompok ini, para ibu hamil dan ibu pemilik bayi akan menyelenggarakan pertemuan secara rutin di setiap bulannya untuk berbagi pengalaman, berdiskusi, dan saling memberikan dukungan terkait kesehatan ibu dan anak.
“Saat pelaksanaan pertemuan sendiri, nantinya KP-ASI akan mendapat pendampingan dari para petugas puskesmas atau bidan desa,” kata dr Zairin Rambe.
Para petugas kesehatan akan memberikan masukan dan nasihat praktis tata-cara menyusui yang baik, perawatan payudara, memberikan motivasi dan dukungan psikologis agar kaum ibu mau menyusui bayinya.
Terkait itu, diharapkan para ibu dan masyarakat mau berkomitmen untuk mendukung program ini.