Tiap Pekan 10 Calon Pengantin Ikuti Pemeriksaan Kesehatan

TIGARAKSA – Tercatat setiap pekannya ada 10 pasangan calon pengantin (catin) yang mengikuti diperiksaan kesehatan mereka oleh petugas Puskesmas Tigaraksa sebelum dinikahkan oleh petugas KUA Tigaraksa.
Kepala Puskesmas Tigaraksa, drg Hj Eko Hartati MARS, Selasa (17/4/2018), mengutarakan kewajiban catin yang telah disepakati puskesmas dan KUA ini telah berjalan sejak Januari 2018 dengan hasil terkategori baik, yaitu sepekan bisa 10 catin mengikuti kewajiban itu.
Dipaparkan dalam pemeriksaan kesehatan, para catin akan mendapat pemeriksaan berupa deteksi premarital checkup, yang mendeteksi Penyakit Hereditas atau yang biasa diturunkan dari orangtuanya.
Lalu dideteksi penyakit menular semisal Hepartitis B, Hepartitis C, HIV/AIDS, penyakit seksual, infeksi TORCH, penyakit menahun, dan penyakit-penyakit lainnya.
TORCH adalah istilah untuk menggambarkan gabungan dari empat jenis penyakit infeksi yaitu Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes. Keempat jenis penyakti infeksi ini, sama-sama berbahaya bagi janin bila infeksi diderita oleh ibu hamil.
Setelah mendapatkan pemeriksaan, para catin akan mendapatkan vaksinasi. Di antaranya Vaksinasi Hepatitis B, Tetanus, MMR, Varacella, Influenza dan vaksin bagi orang dewasa lainnya.
“Dari hasil pemeriksaan itu pula, selanjutnya para catin akan mendapat bimbingan atau konseling kesehatan dari petugas,” ungkap drg Hj Eko Hartati MARS.
 
KELUARGA SEHAT
Layanan pemeriksaan kesehatan catin yang dimulai Januari 2018 bertujuan menciptakan keluarga sehat-sejahtera sejak dini, dengan setiap catin di wilayah Tigaraksa mengikuti pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu sebelum dinikahkan petugas KUA.
Kewajiban pemeriksaan kesehatan catin ini nantinya akan mampu menjaga kesehatan bayi mereka.
Layanan sendiri, kata drg Hj Eko Hartati MARS, diberikan petugas di setiap Hari Selasa, semisal yang terjadi pada pemeriksaan catin di Aula KUA Tigaraksa pada Selasa 17 April 2018. Saat itu,  sedikitnya 10 catin mengikuti pemeriksaan kesehatan.