Memudahkan, Paparan Stop BABS & PHBS di Tengah Lapangan

PAKUHAJI – Puskesmas Sukawali menggelar Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk menciptakan kesadaran Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kalangan masyarakat.
Kegiatan ini sangat menarik dan memudahkan pemahaman masyarakat karena dilaksanakan di tengah lapangan Kampung Pondok Gedong, Desa Kramat, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Jumat (13/4/2018). Hadir sedikitnya 100 warga mengikuti kegiatan pemahaman yang disampaikan.
Pemegang Program Kesling Puskesmas Sukawali, dr Jayadi, mengatakan kegiatan pemicuan ini semacam sosialisasi kepada masyarakat agar mau menggunakan jamban sehat keluarga.
“Warga Kampung Pondok Gedong diketahui masih banyak yang melakukan BABS, setidaknya 20 persen warga belum mempunyai jamban sehat keluarga,” ungkapnya.
Untuk menarik minat warga, pemahaman dilakukan dengan model melingkar di tengah lapangan. Narasumber dari Puskesmas Sukawali memberikan penjelasan di tengah-tengah lingkaran kerumunan warga.
Diberikan juga penggambaran berupa peta wilayah kampung, di antaranya menggambarkan titik-titik rumah warga, titik-titik tempat BABS berupa empang dan kebon, serta penjelasan akibat BABS terhadap gangguan kesehatan. Di antaranya jika terjadi hujan besar dan banjir, luberan dampak BABS akan sangat terasa pada tercemarnya lingkungan masyatakat.
Dalam kegiatan ini, Puskesmas Sukawali menggandeng Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Mitra Karya Abadi yang memiliki kepedulian terhadap kesehatan lingkungan. Melalui KSM ini warga yang menginginkan dibangun jamban sehat keluarga di rumahnya dapat dibantu melalui proses kredit melalui KSM tersebut.
“Diharapkan warga dapat tergugah dan memiliki kesadaran untuk BAB di jamban sehat keluarga,” pungkas dr Jayadi.
Diinformasikan, pada tahun ini pula kegiatan serupa akan digelar di 6 desa di wilayah kerja Puskesmas Sukawali, yaitu Desa Kramat, Desa Surya Bahari, Desa Sukawali, Desa Kalibaru, Desa Kohod, dan Desa Buaran Mangga.
Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang pun telah melakukan program Seribu Sarana Sanitasi (SERASI) di wilayah kerja Puskesmas Sukawali pada 2017, yaitu kegiatan SERASI dilakukan di Desa Kohod dengan membangun 7 jamban sehat beserta septictanknya.