Dibubuhkan Tanda-tangan Dukungan 7 Langkah Germas

PANONGAN – Disosialisasi program 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan dukungan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bagi petugas kesehatan dan masyarakat Kabupaten Tangerang.
Sosialisasi ini dilaksanakan kerja-sama Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, yang mendapat dukungan Anggota Komisi IX DPRRI dari Fraksi PKB.
Hadir Dra Hj Siti Masrifah MA, Anggota Komisi IX DPRRI dari Fraksi PKB Dapil 3 Provinsi Banten, Eli Septiawati SKM MM, Direktorat Kesehatan Lingkungan pada Kementerian RI, Mahfud, Kasi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dan dr Hj Dede Widiawati M.Kes, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.
Sebagai narasumber Sri Indriastuti SKM M.Kes, Kepala Seksi Kesehatan Linkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga pada Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hj Dede Widiawati M.Kes, mengutarakan saat ini wilayah Kabupaten Tangerang masih menghadapi 3 permasalahan kesehatan, yaitu penyakit tidak menular (PTM), Infeksi dan Difteri.
“Semua ini disebabkan karena pola makan dan pola hidup yang tidak seimbang, serta lingkungan yang kurang diperhatikan kebersihannya,” paparnya.
Oleh karena itu dengan kegiatan sosialisasi Gerakan Hidup Sehat Masyarakat (Germas) ini diharapkan para peserta bisa berkomitmen memberikan dukungan dengan membubuhkan tanda-tangan di atas spanduk yang telah disediakan untuk dapat mengajak warga di sekeliling dapat melakukan 7 Langkah Germas.
Yaitu: (1) Melakukan aktivitas fisik; (2) Mengkonsumsi sayur dan buah; (3) Memeriksa kesehatan secara rutin; (4) Tidak merokok; (5) Tidak mengkonsumsi alkohol; (6) Membersihkan lingkungan; (7) Menggunakan jamban.
Sementara Dra Hj Siti Masrifah MA, menjelaskan Anggota  DPRRI mempunyai 3 tugas, salah-satunya adalah pengawasan atas program pemerintah yang memanfaatkan dana APBN, serupa kegiatan ini.
“Anggota DPRRI memang harus turun untuk mengetahui kebenaran pelaksanaan anggaran tersebut, apakah benar sudah dilaksanakan yang bertujuan memastikan program yang teranggarkan berjalan dengan baik dan sesuai sasaran,” ucapnya.