TKP Kab Tangerang-Balai POM Pantau Ikan Kalengan

TIGARAKSA – Tim Kesehatan Pangan (TKP) Kabupaten Tangerang bersama Balai POM Banten menggelar inspeksi mendadak (sidak) sebagai pelaksanaan pengawasan makanan kemasan ikan kalengan yang dikhawatirkan bercacing ke supermarket dan pasar di Cikupa.
Sidak pada Jumat (6/4/2018) melibatkan Balai POM Banten beserta jajaran Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Kabupaten Tangerang, Petugas Dinas Perikanan, Petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
Sidak ini sebagai tindak-lanjut informasi dari Pengawasan Terpadu Lintas Sektor (Balai POM Banten) terkait ditemukannya cacing di dalam kemasan ikan kalengan.
Muji Harja S Farn Apt, Kepala Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan pada Dinkes Kabupaten Tangerang, mengutarakan pelaksanaan sidak sebagai pengawasan langsung ke pasar dan supermarket bertujuan untuk melakukan pencegahan permasalahan makanan ikan kalengan bercacing agar tidak lagi beredar di Kabupaten Tangerang. 
“Di beberapa toko yang kita periksa, mereka sudah tidak lagi memajang atau menjual kemasan ikan kalengan Macarel dan Sardines. Bahkan ada yang sudah dikembalikan kepada distributornya,” paparnya.
Berdasarkan informasi diperindag, para pedagang besar sudah melapor bahwa mereka sudah melakukan proses pengembalian barang kemasan ikan kalengan tersebut. Namun laporan dari toko-toko kecil belum ada, sebab itu perlu sekalian dicek. 
“Mudah-mudahan para pedagang segera mengetahui informasi ini dan mereka tidak lagi menjualnya,” harap Muji Harja S Farn Apt.
Bagi masyarakat diminta lebih berhati-hati dalam membeli makanan ikan kalengan. Bila mengetahui atau melihat ada toko yang masih menjual kemasan ikan kalengan di atas agar memberitahukan pedagangnya untuk tidak menjual lagi barang tersebut. Atau melaporkan kepada petugas untuk ditindak-lanjuti.